Pencairan dana nasabah Jiwasraya dinilai bawa angin segar bagi industri asuransi. Foto: MI/Ramdani
Pencairan dana nasabah Jiwasraya dinilai bawa angin segar bagi industri asuransi. Foto: MI/Ramdani

Pencairan Dana Nasabah Jiwasraya Bawa Angin Segar bagi Industri Asuransi

Ekonomi kementerian bumn Jiwasraya
Annisa ayu artanti • 31 Maret 2020 21:16
Jakarta: Pengamat Ekonomi Piter Abdullah menilai pencairan dana nasabah PT Asuransi Jiwasraya (Persero) membawa angin segar bagi perekonomian Indonesia, khususnya industri asuransi nasional.
 
Sebab, di tengah kondisi yang kurang kondusif seperti ini, asuransi Jiwasraya menepati janjinya untuk mulai mencairkan klaim tahap awal para nasabahnya.
 
"Kita menyambut baik pencairan dana nasabah Jiwasraya ini. Pencairan ini setidaknya bisa menahan ketidakpercayaan pada industri asuransi," kata Piter dalam keterangan tertulisnya, Selasa, 31 Maret 2020.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia menjelaskan, Jiwasraya telah mencairkan pembayaran pertama kepada 15 ribu nasabah polis tradisional. Pembayaran ini telah sesuai dengan janji Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang menyatakan pemegang polis tradisional akan menjadi prioritas dalam pembayaran.
 
Lebih lanjut, menurutnya, pencairan dana nasabah ini juga akan memberikan optimisme dan mengembalikan kepercayaan publik bahwa dunia asuransi Indonesia menunjukkan perbaikan.
 
Meski demikian, Piter juga tidak menampik, pembenahan kasus Jiwasraya harus memakan waktu yang cukup lama. Masih banyak PR yang harus diselesaikan, seperti pencairan dana nasabah yang lain yang harus segera diselesaikan.
 
"Kita harapkan pencairan ini kemudian berlanjut sehingga semua klaim nasabah bisa dibayarkan," ujarnya.
 
Piter optimistis jika seluruh pencairan dana berlangsung lancar maka kepercayaan publik akan kembali sepenuhnya. "Secara bertahap kepercayaan nasabah kepada industri asuransi bisa kembali pulih sepenuhnya," tukasnya.
 

(DEV)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif