Ilustrasi. FOTO: MI/ROMMY PUJIANTO
Ilustrasi. FOTO: MI/ROMMY PUJIANTO

Kencangkan Sabuk Pengaman! 385 Saham Tumbang Buat IHSG Kian Tertekan di Sesi Siang

Ekonomi IHSG
Angga Bratadharma • 20 September 2021 12:58
Jakarta: Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan di sesi pertama terpantau kian melemah seiring minimnya katalis positif baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Sejauh ini para investor terus menantikan hasil pertemuan Federal Reserve terkait arah kebijakan moneternya dan memilih sikap melihat dan menunggu.
 
IHSG Senin, 20 September 2021, perdagangan sesi pertama terpantau di posisi 6.061, melemah 1,17 persen atau setara 71 poin ketimbang pembukaan pada pagi tadi di posisi 6.132. Di siang ini, sebanyak 132 saham terlihat menguat, sebanyak 385 saham terpantau tertekan, dan sebanyak 139 saham tidak mengalami perdagangan.
 
Sementara itu, IHSG pada perdagangan di sepanjang hari ini diproyeksikan bergerak sideways yang artinya para investor harus teliti agar tidak mengalami kerugian dan untuk memaksimalkan keuntungan. Sideways adalah kondisi pasar saham yang sedang naik turun dalam rentang harga tertentu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Pagi ini pasar regional dibuka menguat, dengan Kospi menguat 0,33 persen dan Nikkei naik 0,58 persen. Kami memperkirakan IHSG akan bergerak sideways hari ini, seiring dengan sentimen berlawanan yang diberikan bursa global dan regional," sebut Samuel Research Team.
 
Selain itu, investor di Indonesia juga kemungkinan akan mengikuti langkah investor AS yang bersikap hati-hati menjelang pertemuan Fed. Pada penutupan pekan lalu, pasar AS bergerak turun. Indeks Dow Jones turun 0,48 persen, S&P 500 melemah 0,91 persen, dan Nasdaq tertekan 0,91 persen, seiring dengan sikap hati-hati yang diambil investor menjelang rapat Fed.
 
"Hasil rapat tersebut diperkirakan memberikan kejelasan mengenai kapan bank sentral AS tersebut akan mulai mengurangi program pembelian surat utangnya, yang saat ini mencapai USD120 miliar per bulan," sebutnya.
 
Dari dalam negeri, angka kasus harian covid-19 masih terus melanjutkan tren penurunannya. Terjadi penambahan 2.234 kasus baru covid-19 pada Minggu, 19 September, dengan Sabtu ada penambahan 2.994 kasus dengan positive rate 1,7 persen. Sejauh ini, telah ditemukan sebanyak 4,2 juta kasus covid-19 di Indonesia.
 
 
(ABD)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif