Pertamina Hulu Energi Resmi Kuasai Saham Elnusa 51%. Foto: dok Pertamina.
Pertamina Hulu Energi Resmi Kuasai Saham Elnusa 51%. Foto: dok Pertamina.

Pertamina Hulu Energi Resmi Kuasai Saham Elnusa 51%

Ekonomi Pertamina Saham elnusa BEI pertamina hulu energi
Annisa ayu artanti • 03 Desember 2021 19:24
Jakarta: Porsi kepemilikan saham di emiten perusahaan penyedia jasa energi nasional PT Elnusa Tbk (ELSA) berubah. PT Pertamina Hulu Energi (PHE) telah menjadi pemegang saham mayoritas dengan persentase 51,1 persen.
 
Mengutip laporan keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Jumat, 3 Desember 2021, manajemen menjelaskan, berdasarkan surat keterangan yang diterima dari Biro Administrasi Efek Perseroan yaitu PT Datindo Entrycom dengan nomor: DE/XII/21-6327 pada 3 Desember 2021 daftar komposisi pemegang saham ELSA per 1 Desember 2021 adalah 51,1 persen milik PT Pertamina Hulu Energi (PHE) dan 48,9 persen milik publik.
 
Perubahan porsi saham ini terjadi karena seluruh saham perseroan yang dimiliki oleh Dana Pensiun Pertamina dengan porsi kepemilikan sebesar 9,99 persen beralih kepada PHE pada 1 Desember 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Mengacu kepada hal tersebut, seluruh saham Dana Pensiun Pertamina di perseroan dengan porsi kepemilikan sebesar 9,99 persen beralih kepada PHE. Dengan demikian porsi kepemilikan saham perseroan oleh PHE berubah menjadi 51,10 persen dan PHE tetap menjadi pemegang saham pengendali perseroan," tulis manajemen.
 
Sementara itu, Direktur Utama Elnusa Ali Mundakir mengatakan, aksi korporasi yang dilakukan oleh PHE tersebut merupakan sinyal positif bagi perseroan sekaligus bukti nyata dari upaya penguatan dalam pembentukan Subholding Upstream Pertamina serta penyelarasan lingkup bisnis inti pada sektor hulu migas.
 
"Kami akan meningkatkan sinergi dan kolaborasi untuk mendukung kinerja operasional Subholding Upstream ke Elnusa sebagai Pemegang saham pengendali," ucapnya dalam keterangan tertulis, Jumat, 3 Desember 2021.
 
Ali juga menambahkan, pihaknya yakin melalui langkah strategis dari PHE akan semakin mengokohkan posisi Elnusa sebagai perusahaan nasional jasa energi di Indonesia yang mampu memberikan solusi total kepada pelanggan dan pada akhirnya akan memberikan keuntungan serta mampu meningkatkan nilai layanan yang lebih baik untuk klien juga para pemegang saham.
 
"Kami memiliki segmentasi bisnis yang lengkap dalam jasa energi mulai dari hulu sampai hilir, dengan demikian kami siap berkolaborasi dan terus bersinergi untuk berperan aktif mendukung Subholding Upstream, Pertamina Group dan KKKS lainnya dalam mewujudkan target peningkatan produksi migas nasional satu juta BOPD di 2030 dengan sangat optimistis," jelas Ali.
 
(AHL)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif