Ilustrasi IHSG bergerak ke zona merah hari ini - - Foto: AFP/ Bay Ismoro
Ilustrasi IHSG bergerak ke zona merah hari ini - - Foto: AFP/ Bay Ismoro

Ini Penyebab IHSG Ambles Hampir 4%

Ekonomi IHSG Saham Bursa Saham suku bunga The Fed Pasar Modal IHSG Melemah
Insi Nantika Jelita • 09 Mei 2022 16:19
Jakarta: Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) tersungkur usai libur Lebaran 2022. Indeks anjlok 280,6 poin atau 3,88 persen ke level 6.948,31 pada pembukaan perdagangan pagi.
 
Associate Director of Research and Investment Pilarmas Investindo Sekuritas Maximilianus Nico Demus menilai penyebab IHSG ambles seiring kebijakan The Fed dalam menaikkan suku bunganya.

 
Federal Reserve AS (The Fed) diketahui telah menaikkan suku bunga acuannya pada 3-4 Mei lalu sebesar 50 bp ke kisaran 0,75 persen sampai satu persen.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Berdasarkan analisis teknikal, kami melihat saat ini IHSG berpotensi akan bergerak melemah terbatas dengan rentang pergerakan 7.207-7.297," kata Nico dalam keterangan resmi, Senin, 9 Mei 2022.
 
Menurutnya, kesiapan Indonesia dalam menerima kenaikan tingkat suku bunga di negara maju bergantung pada kebijakan Bank Indonesia yang dapat menyakinkan pasar. Termasuk membaiknya perekonomian Indonesia.
 
Adapun The Fed tidak menutup kemungkinan akan menaikkan tingkat suku bunga sebanyak 25 bps. Sebab, dengan kombinasi dari biaya pinjaman yang lebih tinggi dan neraca yang mulai berkurang akan memberikan soft landing bagi perekonomian sehingga dapat menghindari resesi serta menekan inflasi.
 
"Sejauh ini langkah The Fed menaikkan tingkat suku bunga sudah banyak menuai pujian, namun tetap saja selalu ada penolakan," sebutnya.

 
The Fed juga berniat untuk mengejar ketertinggalannya dengan target tingkat suku bunga netral di 2,5 persen pada akhir tahun. Hal ini akan memicu kenaikkan tingkat suku bunga di atas 25 bps.
 
The Fed pun sepakat untuk mulai mengecilkan neraca mulai 1 Juni 2022 dengan takaran USD30 miliar dalam bentuk Treasury dan USD17,5 miliar dalam bentuk hipotek.
 
(Des)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif