Ilustrasi. Foto: Dok.MI
Ilustrasi. Foto: Dok.MI

Pertumbuhan Kredit Jadi Masalah Utama Perbankan Saat Ini

Ekonomi Bank Indonesia Kredit
Annisa ayu artanti • 19 Oktober 2020 18:02
Jakarta: Bank Indonesia (BI) menyatakan pertumbuhan kredit masih akan menjadi isu walaupun kondisi keuangan perbankan terjaga.
 
Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan pertumbuhan kredit per September 2020 hanya mencapai 0,12 persen. Perlambatan pertumbuhan kredit tersebut tidak hanya terjadi di kota-kota besar melainkan di daerah.
 
"Yang menjadi isu tentu saja pertumbuhan kredit. Nanti saya jelaskan kenapa pertumbuhan kredit masih rendah di September hanya tumbuh 0,12 persen," kata Perry dalam Capital Market Summit and Expo 2020, Senin, 19 Oktober 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia menjelaskan selama ini Bank Indonesia terus melakukan upaya untuk mengatasi intermediasi perbankan baik dari suplai dan demand. Terjaganya fungsi suplai dan demand membuat masalah likuiditas bisa teratasi.
 
Adapun likuiditas perbankan terlihat dari rasio aset likuid. Dana pihak ketiga (DPK) berada di posisi 31,2 persen. Hal itu tercapai karena pemberlakuan kebijakan quantitative easing Bank Indonesia senilai Rp667,6 triliun.
 
Kemudian, loan to deposit ratio (LDR) perbankan juga sangat rendah yakni berada pada posisi 83,2 persen serta pertumbuhan DPK 12,8 persen.
 
"Semuanya kami juga longgarkan supaya perbankan mampu pembiayaan, " ucapnya.
 
Perry melanjutkan, untuk meningkatkan kredit pihaknya bersama otoritas akan memetakan permintaan kredit khususnya di sektor-sektor yang terdampak pandemi covid-19 signifikan.
 
"Kami seperti itu kami mapping-kan permintaan demand dan supply kredit. Sektor-sektor yang bisa jadi leading pemulihan ekonomi dan penyaluran kredit antara lain industri makanan minuman, industri logam dasar, pos dan telekomunikasi, maupun barang dari kulit dan alas kaki," pungkasnya.
 
(DEV)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif