Ilustrasi pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS - - Foto: dok AFP
Ilustrasi pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS - - Foto: dok AFP

Rupiah Terkulai Imbas Kekhawatiran Pemberlakuan Kembali PSBB

Ekonomi Kurs Rupiah PSBB pandemi covid-19
Husen Miftahudin • 01 Desember 2020 16:57
Jakarta: Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) pada perdagangan hari ini terkulai lemah. Para investor khawatir atas lonjakan kasus covid-19 yang bisa berdampak pada penerapan kembali Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).
 
"Lonjakan covid-19 ini dapat mendorong Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kembali melakukan mengetatkan Pembatasan Sosial Berskala Besar," kata Direktur PT TRFX Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi dalam keterangannya yang diterima Medcom.id, Selasa, 1 Desember 2020.
 
Bila pengetatan ini diberlakukan kembali, maka ekonomi yang sudah berjalan akan menjadi stagnan. Hal ini terlihat dari pengetatan PSBB yang diterapkan di Jakarta pada September-Oktober 2020 yang pada akhirnya perekonomian nasional melandai.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Penyebab utamanya ialah konsumsi masyarakat yang menurun, ini akan berdampak terhadap bertambahnya pengangguran yang mengakibatkan jumlah penduduk miskin meningkat," paparnya.
 
Guna menghindari terjadinya penerapan kembali pengetatan PSBB di DKI Jakarta, maka pemerintah dan masyarakat diimbau untuk saling bahu membahu bekerja sama untuk mensosialisasikan pentingnya protokol kesehatan. Selain itu menghindari kerumunan massa yang besar, karena kerumunan tersebut akan mengakibatkan klaster baru.
 
"Dengan kondisi di atas, wajar kalau investor melakukan aksi ambil untung karena kekhawatiran akan pandemi virus korona yang bisa berujung ke pengetatan PSBB. Inilah yang membuat investor masih pikir-pikir untuk masuk ke pasar keuangan Indonesia. Minimnya arus modal membuat rupiah tidak punya pijakan untuk menguat," ungkap Ibrahim.
 
Pada penutupan perdagangan hari ini, nilai tukar rupiah terhadap USD melemah tipis. Mengutip data Bloomberg, nilai tukar rupiah ditutup melemah dibandingkan penutupan hari sebelumnya, yakni berada di posisi Rp14.130 per USD.
 
Mata uang Garuda tersebut melemah tipis 10 poin atau setara 0,07 persen. Rentang gerak harian rupiah berada di level Rp14.117 per USD sampai Rp14.139 per USD.
 
Menukil data Yahoo Finance, rupiah juga berada di jalur merah pada posisi Rp14.157 per USD. Rupiah melemah 32 poin atau setara 0,23 persen dari Rp14.125 per USD di penutupan perdagangan hari sebelumnya.
 
Sedangkan berdasarkan data kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dolar Rate (Jisdor), rupiah diperdagangkan di level Rp14.178 per USD atau melemah sebanyak 50 poin dari nilai tukar rupiah pada perdagangan hari sebelumnya sebesar Rp14.128 per USD.
 
"Untuk perdagangan besok pagi, mata uang rupiah kemungkinan dibuka melemah. Tetapi ditutup menguat sebesar 10-50 poin di level Rp14.110 per USD sampai Rp14.160 per USD," pungkas Ibrahim.  
 
(Des)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif