Sosok Patricia Mayoree sempat viral pada tahun lalu karena merayakan ulang tahun ke-17 tahun di Hongkong, Makau, dan Indonesia. (Foto: Metro TV)
Sosok Patricia Mayoree sempat viral pada tahun lalu karena merayakan ulang tahun ke-17 tahun di Hongkong, Makau, dan Indonesia. (Foto: Metro TV)

Tips Menjaga Keuangan agar Tidak Habis 7 Turunan

Ekonomi Manulife
Gervin Nathaniel Purba • 19 Februari 2021 07:00
Jakarta: Menjadi sebuah individu atau keluarga yang mapan dengan harta berlimpah, bisa dibilang merupakan sebuah pencapaian tertinggi dalam hidup. Pada tahap itu, apa yang kita inginkan sepertinya dapat dengan mudah kita peroleh.
 
Hal ini bisa kita lihat dari sosok Patricia Mayoree, misalnya. Patricia sempat viral pada tahun lalu karena merayakan ulang tahun ke-17 tahun di Hongkong dan Makau. Oleh sebab itu, warganet menjulukinya crazy rich asal Surabaya.
 
Bagi sebagian orang, jika sudah mencapai level kemapanan seperti Patricia, mungkin tidak akan terpikirkan lagi mengatur rencanan keuangan yang ketat. Selama ada pemasukan, sepertinya harta yang diperoleh tidak akan habis untuk tujuh keturunan berikutnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Namun, Patricia menepis hal tersebut. Menurutnya, perencanaan keuangan tetap diperlukan untuk menjaga keuangan keluarga yang sehat. Termasuk bagi keluarga yang sudah mapan.
 
Nah, bagaimana caranya agar kondisi keuangan keluarga tetap terjaga dengan baik? Berikut saran yang disampaikan oleh Chief Agency Officer Manulife Indonesia Jeffrey Kie.

1. Bangun Bisnis yang Berkesinambungan

Menurut Jeffrey, biasanya generasi pertama merupakan generasi pekerja keras. Lalu generesi kedua merupakan generasi yang menikmati hasil kerja keras dari generasi pertama. Sementara generasi ketiga cenderung menghabiskan.
 
Untuk itu, Jeffrey menyarankan untuk menjalankan sebuah bisnis yang bagus untuk untuk jangka panjang. Bisnis yang bertumbuh bagus untuk jangka panjang akan sangat baik bagi generasi-generasi penerus.
 
"Jadi, walaupun generasi pertama bekerja keras, lalu generasi kedua melanjutkan. Generasi ketiga bisa menikmatinya," ujar Jeffrey, dalam program Do It Metro TV.
 
Tips Menjaga Keuangan agar Tidak Habis 7 Turunan
(Chief Agency Officer Manulife Indonesia Jeffrey Kie. Foto: Metro TV)

2. Tidak Tergantung pada Satu Jenis Investasi atau Bisnis

Jeffrey menyarankan untuk bisa melakukan diversifikasi bisnis atau investasi agar aset stabil. Misalnya, ada sutu risiko pada satu bisnis, maka bisnis lain masih bisa menghasilkan secara berkelanjutan dan dinikmati pada masa mendatang.

3. Manfaatkan Instrumen Proteksi

Instrumen proteksi, kata Jeffrey, sering terlupakan oleh banyak orang. Padahal ini juga tidak kalah pentingnya dalam bagian mengatur rencana keuangan.
 
Jika sedang melalukan suatu investasi tanpa memberikan ruang proteksi, maka jika terjadi suatu risiko yang datang tidak terduga, maka hasil investasi yang selama ini diperoleh bisa habis. Baik secara perlahan, maupun dalam sekejap.
 
"Artinya, apa yang kita rencanakan buat tujuh turunan tadi, bisa saja habis di tangan kita ketika tidak bisa menangani risiko," ujar Jeffrey.
 
Bagi Jeffrey, investasi instrumen proteksi dengan jangka panjang merupakan investasi yang tidak bikin sakit kepala. Sebab, instrumen ini tidak terpengaruh dengan fluktuasi pasar.
 
"Ini mungkin perlu menjadi pilihan kaum mapan dan sultan, agar menjaga kemapanannya dari generasi ke generasi," ujarnya.
 
Terlebih pada kondisi tidak menentu seperti saat ini akibat pandemi covid-19. Jika kita sudah jatuh sakit, apalagi karena terinveksi covid-19, biaya untuk pengobatan tentunya tidaklah murah, sehingga asuransi menjadi sangat penting.
 
"Pilih jenis proteksi yang memberikan jaminan hingga ke generasi berikutnya. Ada proteksi yang berlaku hingga usia 99 tahun dan disesuaikan dengan kebutuhan kita," ucap Jeffrey.
 
(ROS)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif