Bank Indonesia. Foto : MI/Usman Iskandar.
Bank Indonesia. Foto : MI/Usman Iskandar.

BI: IHK Kaltara Terendah ke-6 Nasional

Antara • 09 Desember 2022 16:52
Tanjung Selor: Bank Indonesia (BI) sebut Indeks Harga Konsumen (IHK) Provinsi Kaltara pada November 2022 terkendali dan merupakan yang terendah ke-6 secara nasional.
 
baca juga: Penjualan Eceran November Diperkirakan Tumbuh Positif

"Inflasi IHK tercatat rendah 0,10 persen (mtm), meskipun lebih tinggi dari bulan sebelumnya yang mengalami deflasi sebesar 0,06 persen(mtm)," kata kata Kepala Kantor Perwakilan (KPw) BI Kaltara, Teddy Arief Budiman, dikutip dari Antara, Jumat, 9 Desember 2022.
 
Dua kota penyumbang IHK Kaltara yaitu Tarakan dan Tanjung Selor masing-masing tercatat mengalami inflasi sebesar 0,05 persen (mtm) dan 0,26 persen (mtm). Rendahnya inflasi November 2022 disebabkan oleh kelompok makanan, minuman, dan tembakau yang masih mengalami deflasi.
 
Sementara kelompok perawatan pribadi dan jasa lainnya mengalami peningkatan dipengaruhi oleh peningkatan harga emas global.
 
“Sejalan dengan upaya gencar dalam rangka menekan laju inflasi tersebut, inflasi Kaltara secara tahunan mengalami penurunan tekanan menjadi 5,24 persen (yoy) dari sebelumnya 6,06 persen (yoy), serta lebih rendah dari inflasi nasional sebesar 5,42 persen (yoy),” sebutnya.
 
Ia memandang inflasi akan lebih rendah dibanding dengan prakiraan awal, meski masih di atas sasaran 3,0±1 persen.
 
“Bank Indonesia, akan terus bersinergi dengan pemerintah daerah dan mitra strategis lainnya, mendorong inovasi dalam rangka menjaga kestabilan harga sehingga mendukung daya beli masyarakat dan turut mendorong pemulihan ekonomi,” ujarnya.
 
Dengan beragam perkembangan, inflasi Kaltara secara kumulatif 2022 tercatat sebesar 4,21 persen (ytd), lebih rendah dibandingkan dengan capaian inflasi nasional yang sebesar 4,82 persen (ytd).
 
“Sejalan dengan itu, capaian inflasi Kaltara secara tahun kalender pada November 2022 merupakan yang terendah ke-6 secara nasional,” ujarnya.
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


(SAW)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif