Ilustrasi. Foto: Dok.MI
Ilustrasi. Foto: Dok.MI

IHSG Masih Berpeluang Lanjutkan Penguatan

Ekonomi IHSG UU Cipta Kerja
Annisa ayu artanti • 19 November 2020 09:58
Jakarta: Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini diprediksi melanjutkan penguatan.
 
Analis Pilarmas Investindo Sekuritas Maximilianus Nico Demus mengatakan penguatan lanjutan ini didorong oleh sentimen positif dalam negeri dalam satu bulan terakhir.
 
Berdasarkan analisa teknikal, IHSG memiliki peluang bergerak menguat dan diperdagangkan pada level support-resistance 5.516-5.690.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Optimisme pelaku pasar terhadap perbaikan dari ekonomi cukup memberikan kenaikan signifikan pada pasar saham," katanya dalam riset harian, Kamis, 19 November 2020.
 
Ia menjelaskan salah satu sentimen tersebut adalah upaya pemerintah dalam melakukan restrukturisasi birokrasi lewat Undang-Undang Cipta Kerja memberikan trigger positif kepada pergerakan IHSG dalam satu bulan terakhir.
 
Pemerintah cukup optimistis terhadap Undang-Undang Cipta Kerja dapat berdampak positif bagi pengembangan kawasan ekonomi khusus (KEK).
 
Pemerintah pun menaksir target investasi setelah ada Undang-Undang Cipta Kerja pada 2025 akan mencapai Rp708,250 triliun dengan penciptaan 672.173 tenaga kerja.
 
Sedangkan jika tidak ada Undang-Undang Cipta Kerja, komitmen investasi pada 2025 hanya Rp246,642 triliun dengan penciptaan lapangan kerja hanya 43.278 orang.
 
"Hal-hal seperti ini yang kami lihat dapat mendorong fase pemulihan perekonomian lebih cepat pada 2021," jelasnya.
 
Lebih lanjut, Nico menuturkan pemerintah juga telah memastikan penguatan ketahanan pangan tetap menjadi prioritas dalam alokasi anggaran pendapatan belanja negara tahun depan.
 
Pemerintah juga terus memberikan bantuan sosial yang disalurkan bagi penduduk desa untuk memastikan sektor pertanian dapat terus menunjukkan kinerja positif. Dari sentimen-sentimen tersebut mendorong pasar khususnya dalam negeri untuk kembali optimistis.
 
(DEV)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif