Bank Bukopin. Foto : MI.
Bank Bukopin. Foto : MI.

Kookmin Bank Bakal Resmi Jadi Pemegang Saham Pengendali Bank Bukopin

Ekonomi Bank Bukopin
Husen Miftahudin • 03 Agustus 2020 21:10
Jakarta: KB Kookmin Bank bakal resmi menjadi pemegang saham pengendali PT Bank Bukopin Tbk (BBKP). Bank asal Korea Selatan (Korsel) ini sudah menyerap 2,97 miliar lembar saham baru dalam Penawaran Umum Terbatas ke-5 (PUT V).
 
Penyerapan saham baru tersebut dilakukan Kookmin Bank selama masa perdagangan dan pemesanan tambahan melalui skema Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD), sehingga menjadikan kepemilikan saham Kookmin Bank di Bukopin menjadi 33,9 persen.
 
Direktur Utama Bank Bukopin Rivan A Purwantono mengatakan secara keseluruhan Bukopin menerbitkan saham baru sejumlah 4,6 miliar saham baru kelas B. Selain Kookmin Bank, penerbitan saham baru Bukopin ini juga diserap oleh Bosowa Corporindo sebanyak 1,09 miliar lembar saham.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sehingga secara final KB Kookmin Bank porsi pemegang saham kepemilikannya sekarang adalah 33,9 persen. Sementara Bosowa Corporindo menjadi 23,4 persen dan pemerintah turun menjadi 6,37 persen. Dengan demikian pemegang saham terbanyak atau terbesar adalah KB Kookmin Bank," ujar Rivan dalam telekonferensi, Senin, 3 Agustus 2020.
 
Namun demikian, akunya, status pemegang saham pengendali Bukopin belum tersemat di Kookmin Bank. Terkait hal tersebut, bank terbesar kedua di Korsel itu saat ini sedang menunggu pengumuman dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).
 
"Sebagai pemegang saham terbesar dan saat ini sedang dalam proses, mudah-mudahan dalam satu sampai dua hari ini karena sudah dilakukan fit and proper, dan tinggal menunggu pengumuman dari OJK, resmilah KB Kookmin Bank menjadi pemegang saham pengendali," urainya.
 
Rivan menyambut baik hal ini. Bukopin akan menjadi bagian dari KB Financial Group di bawah naungan Kookmin Bank, sehingga arah bisnis dan reputasi Bank Bukopin ke depannya akan dijaga.
 
"Dengan demikian kita tahu bahwa ketika kita masuk dalam KB Financial Group di bawah KB Kookmin Bank, maka semakin jelas kepemilikannya dan arah bisnis ke depannya. Bahkan dalam hal satu grup bisnis, maka reputasi Bank Bukopin ini akan dijaga karena akan berdampak pada reputasi dari KB Financial Group," pungkas Rivan.
 
(SAW)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif