Ilustrasi. FOTO: Medcom.id/Ilham Wibowo
Ilustrasi. FOTO: Medcom.id/Ilham Wibowo

Banyak Nasabah Gadai Mobil untuk Bayar THR

Ekonomi pegadaian
Suci Sedya Utami • 15 Mei 2020 07:49
Jakarta: PT Pegadaian (Persero) mencatat terjadi kenaikan signifikan jumlah mobil yang digadaikan di tengah pandemi covid-19 di Tanah Air. Jumlah dana yang disalurkan atau dipinjamkan (outstanding loan/OSL) untuk mobil mencapai Rp311 miliar pada April atau meningkat 30 persen dibandingkan dengan posisi akhir Januari yang sebesar Rp240 miliar.
 
Sekretaris Perusahaan Pegadaian R Swasono Amoeng Widodo menyebutkan secara jumlah mobil yang digadaikan di Pegadaian per April mencapai 3.651 unit. Amoeng menjabarkan jumlah ini terus mengalami peningkatan. Pada Februari unit yang digadaikan naik 6,8 persen dibandingkan dengan Januari.
 
Kemudian meningkat lagi di Maret sebesar 6,9 persen dan tertinggi di April sebesar 13,6 persen. "Pada Maret-April diumumkan pandemi mobil itu naik dua kali lipat dari 6,5 persen ke 13 persen," kata Amoeng, dalam virtual conference, Kamis, 14 Mei 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Amoeng mengatakan para nasabah yang menggadaikan mobil bisa mendapatkan pinjaman dari Pegadaian dengan nilai di atas Rp20 juta. Dari hasil survei yang dilakukan Pegadaian, sebanyak 40 persen penggunaan dana dari hasil gadai mobil untuk membayar gaji.
 
Apalagi saat ini di masa covid-19, banyak pemilik usaha yang kesulitan keuangan namun tetap harus membayar pegawai. Selain untuk membayar gaji, sebanyak 40 persen lainnya digunakan untuk konsumsi.
 
"Apalagi THR ini, pengusaha kasihan sama pegawainya, jadi kalau ada aset ya digadaikan saja. Kalau dijual di saat sekarang kan susah," pungkas Amoeng.
 
(ABD)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif