Ilustrasi (FOTO: AFP)
Ilustrasi (FOTO: AFP)

Defisit Perdagangan AS Turun di Februari 2019

Ekonomi ekonomi amerika
Angga Bratadharma • 20 April 2019 13:01
Washington: Departemen Perdagangan Amerika Serikat (AS) mencatat defisit barang dan jasa AS dengan mitra dagang globalnya turun menjadi USD49,4 miliar di Februari. Angka tersebut merupakan level terendah sejak Juni 2018 dan jauh di bawah perkiraan.
 
Adapun ekonom yang disurvei oleh Dow Jones memperkirakan defisit perdagangan AS pada Februari meningkat menjadi USD53,8 miliar dari USD51,1 miliar pada Januari. Penurunan sebagian besar disebabkan oleh penurunan 28,2 persen dalam defisit barang-barangnya dengan Tiongkok karena ekspor ke negara itu melonjak.
 
Mengutip CNBC, Sabtu, 20 April 2019, ekspor ke Tiongkok naik USD1,6 miliar menjadi USD9,2 miliar. Sementara impor turun USD1,5 miliar menjadi USD39,3 miliar. Pencapaian itu membawa total defisit dengan Tiongkok menjadi sebesar USD30,1 miliar.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Laporan tersebut membantu meningkatkan pandangan ekonom Wall Street tentang pertumbuhan PDB kuartal pertama, yang sekarang kemungkinan akan berada di atas dua persen. Secara keseluruhan, ekspor untuk bulan ini naik USD2,3 miliar menjadi USD209,7 miliar, sementara impor naik USD600 juta menjadi USD259,1 miliar.
 
Pada basis tahun-ke-tanggal, defisit barang dan jasa turun 7,6 persen atau USD8,3 miliar dibandingkan dengan periode yang sama pada 2018. Ekspor naik USD11,1 miliar atau 2,7 persen. Sementara impor naik USD2,8 miliar atau 0,5 persen.
 
Langkah ini terjadi di tengah harapan bahwa negosiasi perdagangan yang kontroversial antara AS dan Tiongkok akan segera diselesaikan. Tahun lalu AS mengenakan tarif barang-barang Tiongkok senilai USD250 miliar, mendorong Beijing untuk melembagakan tugasnya sendiri terhadap impor Amerika senilai USD110 miliar.
 
Washington juga telah terlibat dalam pembicaraan perdagangan dengan Jepang. Defisit dengan negara itu naik menjadi USD6,7 miliar untuk bulan itu, naik 24 persen. Presiden Donald Trump menjadikan pengurangan defisit perdagangan sebagai landasan program ekonominya. Ketidakseimbangan mencapai rekor USD59,9 miliar pada Desember.
 
Ekspor naik di bagian yang baik karena lonjakan pesanan pesawat sipil, yang menunjukkan kenaikan USD2,2 miliar atau 60,5 persen dari Januari. Semikonduktor juga naik lebih dari sembilan persen. Laporan itu tidak menawarkan alasan kuat untuk menjadi optimistis tentang prospek ekonomi tahun ini.
 
"Akan tetapi angka-angka itu setidaknya mengonfirmasi bahwa perdagangan bersih akan memberikan kontribusi positif yang substansial untuk pertumbuhan PDB kuartal pertama, yang sekarang dianggap sebagai 2,0 persen secara tahunan," kata Ekonom Senior AS di Capital Economics Michael Pearce.
 

(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif