Bank Sentral Tiongkok Alirkan Likuiditas ke Pasar Keuangan

Angga Bratadharma 28 Juni 2018 13:06 WIB
ekonomi chinationgkok
Bank Sentral Tiongkok Alirkan Likuiditas ke Pasar Keuangan
Markas PBOC, di Beijing, Tiongkok (FOTO: AFP)
Beijing: Bank sentral Tiongkok atau People's Bank of China (PBOC) menghabiskan 150 miliar yuan (sekitar USD23 miliar) dari sistem keuangan melalui operasi pasar terbuka. Langkah itu dilakukan dengan harapan stabilitas industri jasa keuangan bisa terus terjaga.

Mengutip Xinhua, Kamis, 28 Juni 2018, adapun PBOC juga telah memompa likuiditas sebesar 60 miliar yuan ke pasar melalui reverse repo dengan 210 miliar yuan kontrak jatuh tempo, mengarah ke penarikan bersih 150 miliar yuan. PBOC mengatakan langkah itu untuk menjaga likuiditas pada tingkat yang wajar dan berlimpah.

PBOC mengumumkan pada Minggu lalu bahwa pihaknya akan memotong rasio persyaratan cadangan (RRR) untuk beberapa bank komersial sebesar 50 basis poin dengan harapan bisa merilis secara total 700 miliar yuan ke dalam sistem perbankan.



PBOC mengatakan pemotongan, yang ketiga tahun ini setelah pengurangan pada Januari dan April, adalah peraturan yang ditargetkan dan presisi untuk meningkatkan pendanaan bagi perusahaan kecil dan mikro serta mendukung program pertukaran utang-ke-ekuitas. Pemotongan akan berlaku pada 5 Juli.

Tiongkok mempertahankan kebijakan moneter yang berhati-hati dan netral pada 2018 karena menyeimbangkan pertumbuhan dan pencegahan risiko. Hal itu sejalan dengan meningkatnya tensi kekhawatiran perdagangan antara AS dengan Tiongkok.

 



(ABD)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id