NEWSTICKER
Ilustrasi. FOTO: timesofmalta
Ilustrasi. FOTO: timesofmalta

Survei: Optimisme Konsumen Dunia Capai Titik Terendah

Ekonomi ekonomi dunia ekonomi global
Medcom • 21 Desember 2019 17:01
New York: Ipsos Global Consumer Confidence Index mengungkapkan kepercayaan konsumen di seluruh dunia mencapai titik terendah dalam lebih dari dua tahun pada Desember 2019. Akan tetapi AS melepaskan 'kegelapan' itu dengan tingkat kepercayannya meningkat secara signifikan selama kuartal terakhir 2019.
 
Kepercayaan konsumen dunia turun 0,1 poin pada Desember dibandingkan bulan sebelumnya menjadi di angka 48,5 atau terendah dalam lebih dari dua tahun. Penurunan didorong oleh substansial di 11 dari 24 pasar yang diukur oleh indeks di tingkat nasional, dengan kepercayaan ekonomi di Polandia, Turki, dan Swedia masing-masing turun 3,5, 3,4 dan 3,2 poin.
 
Mengutip CNBC, Sabtu, 21 Desember 2019, Tiongkok Daratan, Belgia, Spanyol, Australia, Prancis, dan Arab Saudi juga terlihat turun. Hanya dua negara yang melihat peningkatan dalam nilai indeks nasional mereka selama tiga bulan terakhir yaitu kepercayaan AS tumbuh sebesar 1,6 poin, sementara Hongaria melonjak 3,0 poin.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara itu, peningkatan kepercayaan konsumen AS dipimpin oleh indeks pekerjaan, dengan kepercayaan karyawan Amerika terhadap keamanan pekerjaan dan prospek pekerjaan mereka terlihat melonjak sebanyak 3,1 poin, yang terbesar dari negara mana pun yang diukur.
 
Di tengah kekhawatiran perlambatan ekonomi global, stagnasi ekonomi di Eropa, dan hilangnya miliaran dolar dari perang perdagangan, ekonomi AS dan pasar sahamnya justru tetap kuat.
Presiden Urusan Publik AS Ipsos Clifford Young mengatakan ini kemungkinan akan berlanjut hingga 2020.
 
"Kepercayaan konsumen global telah hilang sebagian selama setahun terakhir. Ini mencerminkan ketidakpastian geopolitik dan ekonomi umum yang kini telah masuk ke dalam kalkulus konsumen. Pengecualian yang paling menonjol adalah AS memiliki kepercayaan sangat kuat," kata Young.
 
Indeks Keyakinan Konsumen mencerminkan sikap pada keadaan ekonomi lokal saat ini dan di masa depan. Situasi keuangan pribadi konsumen, tabungan dan kepercayaan diri untuk melakukan investasi besar. Angka-angka ini didasarkan pada Indeks Sentimen Konsumen Primer Refinitiv/Ipsos (PCSI), yang dikumpulkan setiap bulan dari survei.
 
Di sisi lain, Tiongkok dan Amerika Serikat telah menyetujui teks perjanjian ekonomi dan perdagangan fase satu berdasarkan prinsip kesetaraan dan saling menghormati. Langkah positif ini diharapkan memicu kedua belah pihak terus menjalin kerja sama guna menyepakati perjanjian perdagangan secara keseluruhan.
 
Menurut pernyataan yang dikeluarkan oleh Tiongkok teks ini mencakup sembilan bab yakni kata pengantar, hak kekayaan intelektual, transfer teknologi, makanan dan produk pertanian, layanan keuangan, nilai tukar dan transparansi, ekspansi perdagangan, penilaian bilateral, penyelesaian sengketa, dan ketentuan akhir.
 

(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif