Ilustrasi (AFP Photo/Frederic J Brown)
Ilustrasi (AFP Photo/Frederic J Brown)

Pangsa Yuan untuk Cadangan Mata Uang Global Meningkat

Ekonomi imf ekonomi china tiongkok ekonomi dunia ekonomi global
Angga Bratadharma • 03 April 2019 15:03
Washington: Dana Moneter Internasional atau International Monetary Fund (IMF) mengungkapkan pangsa pasar cadangan mata uang yuan Tiongkok meningkat menjadi 1,89 persen pada kuartal keempat 2018. Dalam hal ini, yuan Tiongkok menduduki peringkat kelima di antara semua cadangan yang dialokasikan.
 
"Cadangan yang disimpan dalam yuan Tiongkok atau renminbi (RMB) naik menjadi USD202,79 miliar," kata IMF menurut data yang baru dirilis tentang komposisi mata uang cadangan devisa resmi, seperti dikutip dari Xinhua, Rabu, 3 April 2019.
 
Pangsa cadangan mata uang yuan pada kuartal keempat mencapai level tertinggi sejak IMF mulai merilis data yuan pada akhir 2016, melebihi dolar Kanada dan Australia, masing-masing 1,84 persen dan 1,62 persen. Analis percaya pertumbuhan RMB dalam cadangan devisa bank sentral dunia mencerminkan kenaikan minat dalam memegang aset RMB.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Adapun kondisi itu terjadi usai RMB dimasukkan ke dalam keranjang Hak Penarikan Khusus atau Special Drawing Rights (SDR) IMF pada November 2016. Hal ini juga didorong oleh kebutuhan untuk mengurangi ketergantungan pada dolar AS dan mempromosikan diversifikasi aset cadangan devisa.
 
Data IMF menunjukkan total cadangan yang dialokasikan meningkat menjadi USD10,73 triliun pada kuartal keempat 2018. Cadangan yang disimpan dalam USD turun menjadi USD6,62 triliun, dan bagian USD, masih yang terbesar, turun untuk kuartal ketiga berturut-turut atau mencapai 61,69 persen dari cadangan yang dialokasikan.
 
Cadangan yang disimpan dalam euro naik menjadi USD2,22 triliun atau berada di peringkat kedua atau meningkat menjadi 20,69 persen, level tertinggi sejak kuartal keempat 2014. Sedangkan untuk yen Jepang dan poundsterling masing-masing menempati peringkat ketiga dan keempat.
 
Di sisi lain, pasar obligasi Tiongkok, yang merupakan terbesar ketiga di dunia, memiliki peran tertentu dalam integrasi keuangan negara yang lebih besar ke dalam ekonomi global, kata seorang pejabat Dana Moneter Internasional.
 
"Tahun lalu Tiongkok merayakan ulang tahun reformasi dan keterbukaannya ke 40, yang berkontribusi pada perdagangan dan integrasi produk Tiongkok," kata perwakilan residen senior IMF untuk Tiongkok Alfred Schipke.
 
"Tetapi jika Anda melihat masa depan, pandangan kami bahwa integrasi sektor keuangan Tiongkok dengan dunia dan pasar obligasi akan memainkan peran tertentu di masa depan," kata Schipke kepada Xinhua dalam sebuah wawancara baru-baru ini.
 
Mulai bulan depan, Tiongkok akan dimasukkan dalam indeks obligasi global Bloomberg Barclays dan itu merupakan tonggak bagi integrasi sektor keuangan Tiongkok secara global.
 
Obligasi yang diterbitkan oleh Pemerintah Tiongkok dan kebijakan bank akan dimasukkan dalam Bloomberg Barclays Global Aggregate Bond Index yang dimulai pada April, dengan periode fase 20 bulan, Bloomberg mengonfirmasi pada akhir Januari.
 

(ABD)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif