Mantan Ketua Federal Reserve Janet Yellen (Alex Wong/AFP)
Mantan Ketua Federal Reserve Janet Yellen (Alex Wong/AFP)

The Fed Berpeluang Turunkan Suku Bunga AS

Ekonomi ekonomi amerika the fed
07 Februari 2019 11:02
New York: Mantan Ketua Federal Reserve Janet Yellen mengatakan the Fed memiliki kemungkinan untuk mengambil langkah memotong suku bunga acuan. Hal itu dengan catatan pelemahan pertumbuhan ekonomi di seluruh dunia mulai menginfeksi perekonomian Amerika Serikat (AS).
 
"Melemahnya ekonomi di Tiongkok dan Eropa menimbulkan bahaya bagi ekonomi AS yang kuat. Tentu saja itu mungkin," ungkap Yellen, seperti dikutip dari CNBC, Kamis, 7 Februari 2019.
 
"Jika pertumbuhan global benar-benar melemah dan itu tumpah ke Amerika Serikat di mana kondisi keuangan semakin ketat dan kita memang melihat pelemahan dalam ekonomi AS, tentu saja mungkin bahwa langkah selanjutnya (the Fed) adalah pengurangan (suku bunga)," tambahnya.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mantan kepala bank sentral AS itu menyebut melambatnya pertumbuhan global sebagai ancaman terbesar bagi perekonomian AS. Perlu ada antisipasi agar pelemahan ekonomi global tidak berdampak negatif terhadap perekonomian Paman Sam.
 
"Data dari Tiongkok baru-baru ini lemah dan data Eropa juga lebih lemah dari yang diharapkan," ungkap Yellen.
 
Yellen mengambil kendali the Fed dari mantan Ketua the Fed Ben Bernake setelah keduanya membantu merekayasa ekonomi keluar dari penurunan terburuk sejak depresi hebat. Inti dari pendekatan mereka adalah menggerakkan suku bunga acuan bank sentral mendekati nol persen.
 
Selain itu, mengambil kebijakan sebanyak tiga putaran pembelian obligasi yang bertujuan menurunkan suku bunga jangka panjang dan mengembalikan likuiditas ke ekonomi dan pasar. Program ini menghasilkan neraca lebih dari USD4,5 triliun.
 
Sebelum pergi, Yellen menaikkan suku bunga untuk pertama kalinya dalam satu dekade setelah mempertahankan suku bunga nol persen selama tujuh tahun. Sejak the Fed mulai menaikkan suku bunga pada Desember 2015, terdapat tujuh kenaikan lagi di mana posisi suku bunga dana federal saat ini dalam kisaran 2,25-2,5 persen.
 

(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi