Singapura. Foto : AFP.
Singapura. Foto : AFP.

Januari, Produksi Industri Manufaktur Singapura Naik 3,4%

Ekonomi singapura industri manufaktur
Arif Wicaksono • 26 Februari 2020 15:11
Singapura: Produksi industri Singapura secara naik pada Januari dan melonjak dari perkiraan analis. Kenaikan ini didorong oleh lonjakan produksi farmasi asal singapura. Output manufaktur Singapura pada Januari naik 3,4 persen dalam setahun, data dari Dewan Pengembangan Ekonomi Singapura menunjukkan.
 
Dikutip dari Channel News Asia, Rabu, 26 Februari 2020, angka ini lebih tinggi dibandingkan dengan penurunan 3,7 persen pada Desember tahun lalu. Perkiraan median dalam jajak pendapat Reuters memperkirakan penurunan 5,3 persen.
 
Namun jika mengecualikan manufaktur biomedical, output industri manufaktur turun 3,8 persen YoY di Januari. Pada desember lalu, output diluar manufaktur biomedical turun 4,4 persen YoY.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jika dibandingkan secara bulan ke bulan dan penyesuaian musiman, total produksi industri Singapura naik 18,2 persen pada Januari. Secara total produksi industri Singapura mencatat kenaikan 6,3 persen pada bulan sebelumnya. Selama setahun produksi farmasi melonjak 59,4 persen pada Januari, sementara sektor manufaktur di sektor elektronik turun 7,2 persen.
 
Kenaikan produksi industri manufaktur Singapura menjadi sinyal positif. Terutama ketika ekonomi Singapura harus menghadapi tekanan perang dagang AS-Tiongkok serta penurunan permintaan global untuk semikonduktor, salah satu ekspor utama Singapura.
 
Kementerian Perdagangan dan Industri Singapura sudah menurunkan kisaran perkiraan untuk Produk Domestik Bruto (PDB) tahunan negara itu menjadi antara minus 0,5 persen hingga 1,5 persen. Sebelumnya, PDB diperkirakan tumbuh antara 0,5 persen hingga 2,5 persen.
 

(SAW)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif