Ilustrasi. FOTO: Haidar Mohammed Ali/AFP
Ilustrasi. FOTO: Haidar Mohammed Ali/AFP

Harga Minyak Dunia Lanjutkan Kenaikan

Ekonomi minyak mentah
Angga Bratadharma • 09 November 2019 09:02
New York: Gerak harga minyak dunia lanjutkan kenaikan pada Jumat waktu setempat (Sabtu WIB) setelah data menunjukkan jumlah rig Minyak Amerika Serikat (AS) turun minggu ini. Meski demikian tetap ada kekhawatiran mengenai melemahnya permintaan yang bisa memicu tekanan terhadap pergerakan harga.
 
Mengutip Xinhua, Sabtu, 9 November 2019, West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Desember naik USD0,09 menjadi di USD57,24 per barel di New York Mercantile Exchange. Minyak mentah brent untuk pengiriman Januari naik USD0,22 menjadi ditutup pada USD62,51 per barel di London ICE Futures Exchange.
 
Jumlah rig pengeboran aktif di Amerika Serikat turun lima rig menjadi 817 rig di minggu ini, turun sebanyak 264 rig dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, menurut data mingguan yang dirilis oleh Baker Hughes. Menurut perusahaan jasa ladang minyak yang berbasis di Houston, rig AS yang diklasifikasikan sebagai pengeboran minyak turun tujuh rig.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Di sisi lain, bursa saham Amerika Serikat ditutup lebih tinggi pada Jumat waktu setempat (Sabtu WIB), menutup minggu ini dengan catatan optimistis. Kondisi itu terjadi karena investor terus mengukur perkembangan skenario perdagangan AS-Tiongkok, dengan pasar didukung oleh sentimen konsumen terbaru.
 
Indeks Dow Jones Industrial Average naik sebanyak 6,44 poin atau 0,02 persen menjadi 27.681,24. Sedangkan S&P 500 naik 7,90 poin atau 0,26 persen menjadi 3.093,08. Sementara indeks Komposit Nasdaq meningkat 40,80 poin atau 0,48 persen menjadi 8.475,31.
 
Setengah lebih dari 30 saham unggulan di Dow Jones diperdagangkan lebih tinggi di sekitar penutupan pasar. Sebanyak delapan dari 11 sektor S&P 500 utama diperdagangkan lebih tinggi di sekitar bel penutupan, dengan sektor perawatan kesehatan naik 0,8 persen, memimpin para pemenang.
 
Saham Walt Disney naik 3,76 persen, setelah raksasa hiburan itu melaporkan pendapatan kuartal ketiga yang melampaui estimasi pasar. Musim pendapatan perusahaan yang solid saat ini juga mendukung Wall Street. Dari 425 perusahaan S&P 500 yang telah melaporkan pendapatan kuartalan, 74 persen telah melampaui perkiraan analis, CNBC mengutip FactSet.
 
Di sisi ekonomi, pembacaan awal November pada sentimen konsumen naik menjadi 95,7 dari 95,5 pada Oktober, mengalahkan perkiraan pasar, meskipun prospek konsumen sedikit kurang menguntungkan untuk keuangan pribadi mereka, menurut sebuah survei konsumen oleh University of Michigan yang dirilis.
 
Sementara itu, Departemen Perdagangan Amerika Serikat mencatat ekonomi Paman Sam hanya tumbuh 1,9 persen pada kuartal III-2019. Pencapaian itu lebih rendah dibandingkan dengan tingkat pertumbuhan ekonomi dua persen pada kuartal II di tahun ini.
 

(ABD)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif