Ilustrasi (FOTO: AFP)
Ilustrasi (FOTO: AFP)

Emas Dunia Kembali Menguat

Ekonomi harga emas emas ekonomi dunia
21 Maret 2019 07:32
Chicago: Emas berjangka di divisi Comex New York Mercantile Exchange menetap lebih rendah pada akhir perdagangan Rabu waktu setempat (Kamis WIB), tetapi kembali menguat setelah bank sentaral Amerika Serikat (AS) yakni Federal Reserve (the Fed) memutuskan untuk mempertahankan suku bunga acuannya.
 
Mengutip Antara, Kamis, 21 Maret 2019, kontrak emas paling aktif untuk pengiriman April turun USD4,80 atau 0,37 persen menjadi ditutup pada USD1.301,70 per ons. Indeks USD, yang mengukur greenback terhadap enam mata uang utama lainnya, naik 0,08 persen menjadi 96,49 pada pukul 17.16 GMT, tak lama sebelum penyelesaian emas berjangka.
 
Ketika USD naik, emas berjangka biasanya jatuh karena emas yang dihargai dalam USD menjadi lebih mahal bagi investor yang memegang mata uang lainnya. Namun, selama perdagangan elektronik berikutnya atau setelah penutupan perdagangan reguler, the Fed mengumumkan bahwa mereka memutuskan untuk membiarkan suku bunga tidak berubah.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Keputusan itu diambil pada akhir pertemuan kebijakan dua harinya, emas berjangka mulai pulih dari kerugian awal dan sekarang diperdagangkan di wilayah positif. Langkah the Fed telah memenuhi harapan pasar dan mencerminkan pendekatan 'sabar' bank sentral mengenai perubahan kebijakan moneternya.
 
Setelah pengumuman keputusan bank sentral tersebut, indeks USD membalikkan kenaikannya dan turun secara signifikan, yang pada gilirannya mendukung emas dalam perdagangan elektronik.
 
Adapun logam mulia lainnya, perak untuk pengiriman Mei turun 5,4 sen AS atau 0,35 persen menjadi ditutup pada USD15,318 per ons. Sedangkan platinum untuk pengiriman April naik sebanyak USD7,0 atau 0,82 persen menjadi berakhir di USD859,60 per ons.
 
Di sisi lain, indeks Dow Jones Industrial Average merosot 141,71 poin atau 0,55 persen menjadi 25.745,67 poin. Indeks S&P 500 turun 8,34 poin atau 0,29 persen menjadi 2.824,23 poin. Indeks Komposit Nasdaq naik 5,02 poin atau 0,07 persen menjadi 7.728,97 poin.
 
Sebanyak enam dari 11 sektor utama S&P 500 ditutup lebih rendah, dengan sektor keuangan turun lebih dari dua persen, memimpin kemerosotan di antara kelompok. Layanan komunikasi naik 1,16 persen, mengungguli sektor lain.
 
Federal Reserve AS pada Rabu waktu setempat (Kamis WIB) mempertahankan suku bunga acuan atau tidak berubah setelah mengakhiri pertemuan kebijakan selama dua hari, dalam sebuah langkah yang memenuhi ekspektasi pasar dan mencerminkan pendekatan 'sabar' bank sentral mengenai perubahan kebijakan moneternya.
 
Saham-saham memangkas kerugian awal mereka dan berubah positif tidak lama setelah pengumuman kebijakan terbaru bank sentral karena para pedagang menyambut sikap the Fed yang lebih akomodatif. Namun, tidak semua indeks utama berhasil mengamankan kenaikan mereka pada penutupan.
 

(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif