Tiongkok Sambut Baik Investor Asing di Proyek Nasional
Ilustrasi (FOTO: AFP)
Beijing: Komisi Pembangunan dan Reformasi Nasional atau National Development and Reform Commission (NDRC) mendukung investasi swasta atau asing masuk ke dalam proyek-proyek yang terkait dengan strategi nasional utama, seraya memperbaiki hubungan ekonomi yang kian lemah.

"NDRC akan mempromosikan kemitraan publik-swasta untuk mendorong partisipasi modal swasta dalam proyek-proyek yang memiliki kebijakan ilmiah rasional dan mekanisme yang jelas tentang hasil investasi," kata Juru Bicara NDRC Meng Wei, seperti dikutip dari Xinhua, Sabtu, 27 Oktober 2018.

"Lebih banyak upaya akan diambil untuk meningkatkan sistem kredit sosial dalam upaya menciptakan lingkungan yang sehat untuk investasi swasta," tambahnya.

Pertumbuhan investasi swasta Tiongkok terus pulih dalam tiga kuartal pertama tahun ini, dengan kenaikan 8,7 persen dari tahun lalu dan melampaui ekspansi investasi secara keseluruhan sebesar 3,3 poin.

NDRC telah mempromosikan lebih dari 1.200 proyek kepada investor swasta, mencakup berbagai bidang termasuk transportasi, energi dan perlindungan lingkungan, dengan total investasi melebihi 2,5 triliun yuan (sekitar USD360 miliar).

Selain itu, tambahnya, Tiongkok juga mengizinkan kepemilikan swasta yang lebih besar di perusahaan-perusahaan negara. Meng mengatakan NDRC telah menyetujui rencana delapan anak perusahaan dari perusahaan milik negara yang dikelola secara terpusat untuk membawa investasi swasta sebagai bagian dari reformasi kepemilikan campuran ketiga di negara itu.

"NDRC akan meningkatkan langkah untuk memecahkan kesulitan perusahaan swasta, mengurangi hambatan dan pembatasan pasar, serta meningkatkan dukungan pembiayaan," pungkas Meng.



(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id