Ilustrasi. AFP/Mikhail Mordasov
Ilustrasi. AFP/Mikhail Mordasov

Harga Minyak Dunia Jatuh

Ekonomi minyak mentah
Angga Bratadharma • 19 November 2019 08:02
New York: Harga minyak dunia turun pada Senin waktu setempat (Selasa WIB), memangkas kenaikan pekan lalu. Pelemahan harga minyak dunia terjadi karena investor tetap menunggu, melihat, dan terus mengamati perkembangan real-time perdagangan global.
 
Mengutip Xinhua, Selasa, 19 November 2019, minyak West Texas Intermediate untuk pengiriman Desember kehilangan USD0,67 menjadi USD57,05 per barel di New York Mercantile Exchange. Minyak mentah brent untuk pengiriman Januari menghapus USD0,86 menjadi USD62,44 per barel di London ICE Futures Exchange.
 
Harga minyak menambah kenaikan pada Jumat waktu setempat (Sabtu WIB), setelah data menunjukkan jumlah rig Minyak AS turun selama seminggu. Jumlah rig pengeboran aktif di Amerika Serikat turun 11 hingga menjadi 806 rig pada minggu lalu, menurut data mingguan yang dirilis oleh Baker Hughes.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Wakil Perdana Menteri Tiongkok Liu He mengadakan pembicaraan telepon atas permintaan Perwakilan Dagang AS Robert Lighthizer dan Menteri Keuangan Steven Mnuchin pada Sabtu pagi. Selama pembicaraan, kedua belah pihak berdiskusi konstruktif tentang keprihatinan inti masing-masing dalam kesepakatan fase satu, dan sepakat untuk menjaga komunikasi yang erat.
 
Di sisi lain, bursa saham Amerika Serikat berakhir lebih tinggi pada Senin waktu setempat (Selasa WIB), setelah perdagangan yang fluktuatif karena Wall Street menunggu lebih banyak pembaruan mengenai perdagangan global. Adapun negosiasi dagang AS dan Tiongkok kembali bermasalah dan lagi-lagi memicu kekhawatiran di pasar saham.
 
Indeks Dow Jones Industrial Average naik sebanyak 31,33 poin atau 0,11 persen menjadi 28.036,22. Sedangkan S&P 500 naik 1,57 poin atau 0,05 persen menjadi 3.122,03. Sementara indeks Komposit Nasdaq naik 9,11 poin atau 0,11 persen menjadi 8.549,94.
 
Sebanyak tujuh dari 11 sektor utama S&P 500 ditutup lebih tinggi, dengan konsumen dan real estat masing-masing naik 0,54 persen dan 0,5 persen. Sektor energi ditutup turun sebanyak 1,33 persen, di antara kelompok dengan kinerja terburuk.
 
Adapun ukuran bulanan kepercayaan homebuilder AS tergelincir sedikit bulan ini. Kepercayaan pasar untuk membangun rumah keluarga tunggal turun satu poin menjadi 70 pada November, menurut Asosiasi Pasar Pembangun Rumah/Wells Fargo Housing Index (HMI) terbaru.
 

(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif