China. Foto : AFP/Mark Ralston.
China. Foto : AFP/Mark Ralston.

Bank Sentral Tiongkok Suntik USD85,4 Miliar ke Pasar Uang

Ekonomi tiongkok
Nia Deviyana • 03 Desember 2019 20:01
Beijing: Bank Sentral Tiongkok terus memompa dana ke pasar uang untuk memenuhi permintaan likuiditas dari lembaga keuangan.
 
Sebanyak 600 miliar yuan (sekitar USD85,4 miliar) disuntikkan ke pasar melalui fasilitas pinjaman jangka menengah (MLF) bulan lalu untuk menjaga likuiditas sistem perbankan pada tingkat yang cukup memadai.
 
Demikian paparan People's Bank of China (PBOC) yang dilansir dari Xinhua, Selasa, 3 Desember 2019. Adapun dana akan jatuh tempo dalam satu tahun memiliki tingkat bunga 3,25 persen.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Total pinjaman MLF mencapai 3,56 triliun yuan pada akhir November. MLF diperkenalkan pada 2014 untuk membantu bank komersial menjaga likuiditas dengan memungkinkan mereka untuk meminjam dari bank sentral menggunakan sekuritas sebagai jaminan.
 
Pada November, PBOC juga menyuntikkan dana 4,8 miliar yuan melalui pinjaman tambahan yang dijaminkan kepada Bank Pembangunan Tiongkok, Bank Ekspor-Impor Tiongkok, dan Bank Pembangunan Pertanian Tiongkok.
 
Sementara itu, 62,25 miliar yuan lainnya dipinjamkan ke lembaga keuangan melalui fasilitas pinjaman untuk memenuhi permintaan likuiditas sementara. Bank sentral sering mengadopsi operasi pasar terbuka untuk mengelola likuiditas dengan cara yang lebih fleksibel dan tepat sasaran.
 
Tiongkok mengaku akan terus menjaga kebijakan moneternya dengan berhati-hati "tidak terlalu ketat atau terlalu longgar", sambil mempertahankan likuiditas pasar pada tingkat yang cukup memadai pada 2019.

 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif