NEWSTICKER
Singapura. AFP PHOTO/ROSLAN RAHMAN.
Singapura. AFP PHOTO/ROSLAN RAHMAN.

November, Pinjaman Perbankan Singapura Capai USD610 Miliar

Ekonomi singapura
Arif Wicaksono • 01 Januari 2017 14:54
medcom.id, Singapura: Pinjaman bank di Singapura kembali naik pada November dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Peningkatan kredit konsumsi mengimbangi penurunan pinjaman bisnis.
 
Pinjaman perbankan naik menjadi USD610 miliar pada November 2016, naik 1,1 persen dari November pada tahun lalu, menurut data awal dari Otoritas Moneter Singapura.
 
Bulan lalu, kenaikan pinjaman menandai pertumbuhan kredit yang positif selama dua bulan setelah pinjaman bank naik dari tahun ke tahun pada Oktober. Hal ini merupakan kenaikan pertama dalam 12 bulan terakhir.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Hal ini berhubungan dengan rendahnya pinjaman lambat tahun lalu," kata ekonom CIMB Bank Swasta Lagu Seng Wun dikutip dari The Strait Times, Minggu (1/1/2016).
 
Dia mengatakan, bahwa secara keseluruhan sentimen yang ada perlu diperhatikan. Pertumbuhan kredit tahun depan akan sangat tergantung dengan kenaikan pasar.
 
"Pinjaman usaha terus tenggelam di tengah lingkungan ekonomi yang tidak menentu, meskipun tidak drastis seperti pada Oktober," kata dia.
 
Total pinjaman kepada perusahaan bulan lalu turun 0,2 persen dari tahun sebelumnya menjadi USD361 miliar, merupakan hasil yang lebih baik dari kenaikan 0,5 persen di Oktober secara year on year.
 
Penurunan paling tajam terjadi di sektor perdagangan umum, injaman jatuh 9,1 persen dibanding tahun lalu dengan mencapai USD63,4 miliar. Pinjaman untuk produsen jatuh 6,2 persen menjadi USD25,3 miliar.
 
Tapi penurunan ini diimbangi oleh kenaikan pinjaman kepada lembaga keuangan, yang melonjak 14,1 persen dari tahun sebelumnya dengan menjadi USD79,5 miliar. Pinjaman kepada perusahaan jasa bisnis serta transportasi, penyimpanan dan komunikasi perusahaan juga meningkat.
 
Sementara itu, pertumbuhan kredit konsumen stabil, dengan total kredit naik tiga persen dari November tahun lalu dengan mencapai USD249,6 miliar. Pertumbuhan kredit konsumsi pada Oktober naik 3,3 persen dalam setahun. Pinjaman perumahan dan jembatan naik 3,7 persen bulan lalu dari tahun sebelumnya menjadi USD191,2 miliar.
 
Pinjaman kartu kredit naik 4,9 persen dengan menjadi USD10,7 miliar, sementara pembiayaan saham terdaftar mengalami peningkatan terbesar dengan naik 155,6 persen menjadi USD2,4 miliar. Sementara kredit mobil merosot 0,4 persen menjadi dengan menjadi USD7,8 miliar.
 

(SAW)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif