Ilustrasi bendera Tiongkok. (FOTO: AFP)
Ilustrasi bendera Tiongkok. (FOTO: AFP)

Tiongkok Terbitkan Buku Putih Pembicaraan Ekonomi dengan AS

Ekonomi as-tiongkok Perang dagang
Ade Hapsari Lestarini • 03 Juni 2019 09:51
Beijing: Tiongkok menerbitkan buku putih tentang sikapnya terhadap pembicaraan ekonomi dan perdagangan dengan Amerika Serikat (AS).
 
Melansir Xinhua, Senin, 3 Juni 2019, buku putih tersebut berjudul "China's Position on the China-US Economic and Trade Consultation".
 
Buku putih ini dirilis pada pukul 10 pagi pada 2 Juni oleh Kantor Informasi Dewan Negara Tiongkok, yang juga akan mengadakan konferensi pers.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Adapun buku putih ini untuk memberikan gambaran yang komprehensif tentang konsultasi ekonomi dan perdagangan Tiongkok-AS. Serta menyajikan posisi kebijakan Tiongkok terhadap konsultasi perdagangan kedua negara.
 
Tiongkok sebelumnya menuduh AS sebagai teroris ekonomi. 'Negeri Tirai Bambu' pun meluapkan retorika di tengah perang dagang dengan AS.
 
Negosiasi perdagangan antara dua ekonomi raksasa dunia tampaknya mengalami hambatan. Hal itu tidak lepas dari langkah Presiden AS, Donald Trump, yang menaikkan tarif atas komoditas Tiongkok awal bulan ini. Pemerintah AS bahkan memasukkan Huawei, raksasa telekomunikasi asal Tiongkok, dalam daftar hitam.
 
"Kami menentang perang dagang, tetapi kami tidak takut dengan hal itu," pungkas Wakil Menteri Luar Negeri Tiongkok, Zhang Huanhui.
 
"Hasutan yang sudah direncanakan dari konflik perdagangan ialah terorisme ekonomi, chauvinisme ekonomi, dan intimidasi ekonomi. Perlu diingat, tidak ada pemenang dalam perang dagang," imbuh Zhang.
 
Menyikapi tindakan AS, Tiongkok pun memberlakukan tarif balasan terhadap komoditas AS. Media pemerintah menyatakan Tiongkok bisa menghentikan ekspor logam tanah jarang ke 'Negeri Paman Sam'.
 
"Perang dagang juga berdampak negatif pada pengembangan dan kebangkitan ekonomi global," tegas Zhang.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif