Ilustrasi. Foto  ;AFP.
Ilustrasi. Foto ;AFP.

Mata Uang Tiongkok Bisa Kalahkan Dolar AS

Ekonomi tiongkok
Arif Wicaksono • 24 November 2019 15:16
Beijing: Tiongkok akan memainkan peran penting dalam perubahan struktural pasar valuta asing. Hal ini dikatakan laporan yang dikeluarkan oleh bank investasi internasional UBS.
 
"Sementara mata uang Tiongkok renminbi atau yuan masih dalam tahap awal internasionalisasi. Mata uang itu memiliki potensi terbesar untuk memainkan peran yang lebih penting dalam jangka panjang," kata laporan UBS dikutip dari Xinhua, Minggu, 24 November 2019.
 
Laporan itu mencatat bahwa dalam jangka panjang renminbi akan mengalahkan dolar AS. Laporan itu menyoroti bahwa efek sebagai mata uang safe haven bisa mendukung dolar AS hanya ketika dalam krisis seperti saat perang dagang.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Tetapi dinamika jangka panjang dapat mengakibatkan transisi menjauh dari greenback. Kami memproyeksikan dolar AS melemah pada dekade mendatang," tulis laporan itu yang menjelaskan bahwa sistem global USD-centric akan menghadapi tantangan pada 2020-an.
 
Laporan itu menyoroti meningkatnya utang publik dan kebijakan yang lebih populis telah memicu kekhawatiran prospek jangka panjang mata uang dolar AS. Namun, prosesnya akan dilakukan secara bertahap mengingat dominasi global dolar AS dan pasar keuangan AS yang sulit ditiru dalam waktu dekat.
 
Dia menjelaskan bahwa pelaku bisnis dan investor harus mempersiapkan lanskap mata uang yang lebih beragam sementara dolar AS diperkirakan akan mempertahankan peran dominan.

 

(SAW)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif