Perwakilan Dagang AS Robert Lighthizer. Foto : AFP.
Perwakilan Dagang AS Robert Lighthizer. Foto : AFP.

Ekspor AS ke Tiongkok Bisa Naik Dua Kali Lipat

Ekonomi as-tiongkok
Arif Wicaksono • 16 Desember 2019 14:51
Washington: Pihak Amerika Serikat (AS) menjelaskan bahwa ekspor dari AS ke Tiongkok akan naik dua kali lipat seiring dengan perjanjian 'damai' tahap I antara AS dan Tiongkok. Ekspor AS akan meningkat didukung berbagai komoditas.
 
"Secara keseluruhan, ini minimal USD200 miliar. Perlu diingat, pada tahun kedua, kami akan menggandakan ekspor barang ke Tiongkok, jika perjanjian ini sudah ada. Ekspor naik dua kali lipat," kata Perwakilan Dagang AS Robert Lighthizer dikutip dari CNBC, Senin, 16 Desember 2019.
 
Dia juga menjelaskan banyak detail dari kesepakatan yang masih belum jelas. Perjanjian tersebut mencakup perubahan mengenai kekayaan intelektual, teknologi, serta layanan keuangan.
Pihak Beijing juga mengatakan akan secara substansial meningkatkan pembelian pertanian AS tanpa merinci jumlahnya. Trump bersikeras bahwa Tiongkok akan membeli lebih banyak komoditas asal Amerika.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Tetapi pada akhirnya, apakah seluruh perjanjian ini berhasil akan ditentukan oleh siapa yang membuat keputusan di China, bukan di Amerika Serikat," kata Lighthizer.
 
"Jika garis keras membuat keputusan, kita akan mendapatkan satu hasil. Jika para reformis membuat keputusan, yang kami harapkan, maka kami akan mendapatkan hasil lain," tambah dia.
 
Tiongkok dan Amerika Serikat (AS) telah menyetujui teks perjanjian ekonomi dan perdagangan fase satu berdasarkan prinsip kesetaraan dan saling menghormati. Langkah positif ini diharapkan memicu kedua belah pihak terus menjalin kerja sama guna menyepakati perjanjian perdagangan secara keseluruhan.
 
Menurut pernyataan yang dikeluarkan oleh Tiongkok teks ini mencakup sembilan bab yakni kata pengantar, hak kekayaan intelektual, transfer teknologi, makanan dan produk pertanian, layanan keuangan, nilai tukar dan transparansi, ekspansi perdagangan, penilaian bilateral, penyelesaian sengketa, dan ketentuan akhir.
 
Mengutip Xinhua, Sabtu, 14 Desember 2019, kedua belah pihak telah mencapai konsensus bahwa pihak AS akan memenuhi komitmennya untuk menghapuskan tarif tambahan atas produk-produk Tiongkok. Kondisi ini tentu membuat AS memilih untuk memangkas tarif tambahan dibandingkan dengan menaikkannya.
 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif