NEWSTICKER
Singapura. Dok: Reuters.
Singapura. Dok: Reuters.

Bank Singapura Hadapi Peraturan Baru untuk Hindari Penggelapan Pajak

Ekonomi singapura
Arif Wicaksono • 08 Januari 2017 17:05
medcom.id, Singapura: Bank dan perusahaan keuangan lainnya di Singapura harus menetapkan status pajak tinggal dari semua klien mereka, di bawah aturan baru untuk memerangi penggelapan pajak. Langkah itu diambil Pemerintah Singapura ketika mulai mematuhi Pelaporan Standar Umum (CRS) dari 1 Januari 2017.
 
Standar internasional, disahkan oleh Organisasi untuk Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan (OECD), sebagaiman dikutip dari The Strait Times, Minggu, 8 Januari 2017, memungkinkan negara-negara yang memiliki perjanjian antar satu sama lain untuk secara otomatis melakukan pertukaran data keuangan untuk tujuan pajak.
 
Mitra pajak PwC Singapura Brendan Egan, mengatakan, bahwa CRS adalah standar global yang dirancang untuk mendeteksi dan mencegah penghindaran pajak melalui non-pelaporan pendapatan dari rekening di luar negeri.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Lembaga keuangan juga harus melaporkan kepada Otoritas Inland Revenue of Singapore (Iras) terkait informasi rekening keuangan dari pemegang rekening yang merupakan penduduk pajak dari yurisdiksi dengan yang Singapura memiliki Perjanjian Otoritas Kompeten (CAA) untuk bertukar informasi. Singapura sejauh ini telah menandatangani CAAS dengan Australia, Inggris dan Jepang serta yang lainnya.
 
Ini berarti, misalnya, bahwa setelah perjanjian berlaku, Singapura otomatis akan berbagi data dengan Australia mengenai informasi finansial dari akun di Singapura yang dimiliki oleh wajib pajak dari penduduk Australia.Australia, pada gilirannya, akan melakukan hal yang sama dengan Singapura untuk informasi finansial dari akun di Australia yang dimiliki oleh wajib pajak singapure.
 
Idenya adalah bahwa negara-negara itu secara otomatis melaporkan data tersebut kepada satu sama lain. Hal itu akan menjadi alat pencegah untuk siapa pun yang ingin menghindari pajak atau memarkir dana 'haram' dengan menggunakan rekening di luar negeri.
 
Singapura telah membuat komitmen internasional untuk memulai pertukaran otomatis informasi di bawah CRS tahun depan. Iras mengatakan, informasi tersebut akan diungkapkan dan hanya digunakan untuk tujuan pajak seperti penilaian. Ini tidak akan digunakan untuk tujuan lain kecuali pengungkapan tersebut diperbolehkan di Singapura dan dengan persetujuan dari Singapura.

 

(SAW)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif