Ilustrasi lira Turki. (FOTO: AFP)
Ilustrasi lira Turki. (FOTO: AFP)

Inflasi Tahunan Turki Capai 15,72%

Ekonomi turki
Ade Hapsari Lestarini • 04 Juli 2019 13:08
Ankara: Tingkat inflasi tahunan Turki mencapai 15,72 persen pada Juni. Biro Statistik Turki mencatat angka ini mencapai level terendah dalam 12 bulan.
 
Jika dibandingkan dengan bulan lalu, tingkat inflasi tahunan turun sekitar tiga persen dari 18,71 persen pada Mei, menurut Institut Statistik Turki (TurkStat).
 
Melansir Xinhua, Kamis, 4 Juli 2019, data menunjukkan bahwa inflasi telah turun untuk bulan ketiga berturut-turut, level terendah sejak Juni 2018 sebesar 15,39 persen.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Inflasi makanan turun 19,2 persen pada Juni, penurunan tajam dari 28,4 persen pada bulan sebelumnya. Kenaikan secara tahun ke tahun merupakan yang tertinggi, terlihat pada aneka barang dan jasa yang naik 26,8 persen.
 
Selain itu lira Turki melonjak setelah data resmi dirilis, berdiri di 5,63 melawan dolar AS pada Rabu waktu setempat.
 
Orkun Godek, ekonom dalam Investasi Kelautan Turki, percaya bahwa tren penurunan inflasi diperkirakan akan berlanjut dalam beberapa bulan mendatang. Sementara tekanan pada inti indeks harga konsumen belum dihilangkan, dan risiko kenaikan inflasi tetap ada.
 
Pemerintah Turki mengumumkan target tingkat inflasi untuk tahun ini adalah 15,9 persen, diikuti oleh 9,8 persen tahun depan dan enam persen pada 2021.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif