Juni, Bank Sentral Tiongkok Suntik Pasar 663 Miliar Yuan

Ade Hapsari Lestarini 03 Juli 2018 17:28 WIB
ekonomi china
Juni, Bank Sentral Tiongkok Suntik Pasar 663 Miliar Yuan
Ilustrasi mata uang yuan. (Foto: Antara/Agung Rajasa).
Beijing: Bank sentral Tiongkok terus memompa uang tunai ke pasar uang pada Juni demi memenuhi permintaan likuiditas lembaga keuangan.

Bank Rakyat Tiongkok (PBOC) telah menyuntikkan dana sebesar 663 miliar yuan (USD99,6 miliar) ke pasar melalui fasilitas pinjaman jangka menengah (MLF) pada Juni untuk menjaga likuiditas sistem perbankan pada tingkat yang wajar dan cukup.

Melansir Xinhua, Selasa, 3 Juli 2018, dana tersebut akan jatuh tempo dalam jangka waktu satu tahun dengan tingkat bunga 3,3 persen. Adapun total pinjaman MLF luar biasa mencapai 4,4 triliun yuan per akhir Juni.

MLF diperkenalkan pada 2014 untuk membantu bank komersial menjaga likuiditas dengan memungkinkan mereka untuk meminjam dari bank sentral menggunakan sekuritas sebagai jaminan.

Pada Juni, PBOC juga menyuntikkan 60,5 miliar yuan dana melalui pinjaman tambahan yang dijanjikan kepada China Development Bank, Bank Ekspor-Impor Tiongkok, dan Bank Pengembangan Pertanian Tiongkok.

Selain itu 61 miliar yuan lainnya dipinjamkan ke lembaga keuangan melalui fasilitas pinjaman siap pakai untuk memenuhi permintaan likuiditas sementara.

Bank sentral telah mengadopsi operasi pasar terbuka lebih sering untuk mengelola likuiditas dengan cara yang lebih fleksibel dan terarah.

Pemerintah mempertahankan kebijakan moneter dengan berhati-hati dan netral pada 2018 karena berusaha menyeimbangkan pertumbuhan dan kebijakan pencegahan risiko.



(AHL)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360