Ilustrasi (AFP/Johannes EISELE)
Ilustrasi (AFP/Johannes EISELE)

Pakar: Kemajuan Perundingan Dagang AS-Tiongkok Sangat Menggembirakan

Ekonomi ekonomi amerika ekonomi china tiongkok as-tiongkok Perang dagang
26 Februari 2019 11:33
New York: Seorang pakar dari Amerika Serikat (AS) mengungkapkan kemajuan yang dicapai dalam putaran terakhir perundingan perdagangan antara Amerika Serikat dan Tiongkok sangat menggembirakan. Perundingan ini diharapkan bisa mencapai kata sepakat yang nantinya segera menghentikan perang dagang demi kepentingan bersama.
 
"Perundingan perdagangan telah meninggalkan titik kegagalan yang tidak bisa diubah di kaca spion meskipun tingkat keberhasilan masih harus dilihat," Sourabh Gupta, seorang rekan senior di Institute for China-America Studies yang berbasis di Washington, seperti dikutip dari Antara, Selasa, 26 Februari 2019.
 
"Ini adalah konfirmasi dari kepercayaan dan niat baik yang telah ditimbulkan dan ini menjadi pertanda baik bagi hasil win-win dalam beberapa minggu -jika tidak beberapa hari ke depan," tambahnya.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dalam retrospeksi, tegasnya, pertemuan pekan lalu di Beijing sangat penting. "Mereka memastikan bahwa perundingan telah melewati titik ambang kegagalan yang tidak dapat dibayangkan," ujarnya.
 
Gedung Putih telah mengancam untuk menaikkan tarif bea masuk menjadi 25 persen dari 10 persen terhadap USD200 miliar barang-barang Tiongkok ke negara itu, jika kedua belah pihak gagal mencapai kesepakatan tentang solusi gesekan perdagangan sebelum 1 Maret.
 
Menjelang tenggat waktu, para perunding Tiongkok dan AS pada Minggu 24 Februari mengakhiri putaran perundingan perdagangan terbaru dengan kemajuan substansial mengenai masalah-masalah khusus di Washington.
 
Presiden AS Donald Trump kemudian men-tweet bahwa dia akan menunda kenaikan tarif impor Tiongkok yang dijadwalkan untuk 1 Maret, mengutip pembicaraan perdagangan sangat produktif antara kedua negara.
 

(ABD)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif