Ilustrasi (AFP/Johannes EISELE)
Ilustrasi (AFP/Johannes EISELE)

Negosiasi Perang Dagang AS-Tiongkok Hampir Rampung

Ekonomi as-tiongkok Perang dagang Trade War
Nia Deviyana • 03 April 2019 18:44
Jakarta: Negosiasi perdagangan antara pejabat Amerika Serikat (AS) dengan Tiongkok hampir mencapai kesepakatan. Namun kedua negara masih terkendala persoalan implementasi dari kesepakatan perjanjian tersebut.
 
Dilansir dari Financial Times, Rabu, 4 April 2019, Tiongkok menginginkan AS menghapus tarif pada barang-barang dari Negeri Tirai Bambu. Sementara AS menginginkan Tiongkok untuk menyetujui persyaratan mekanisme penegakan hukum.
 
Wakil Presiden eksekutif untuk urusan internasional Kamar Dagang AS Myron Brilliant mengatakan 90 persen perjanjian sudah disepakati. Namun, 10 persen sisanya menjadi bagian tersulit dan butuh masukan dari kedua belah pihak.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


AS dan Tiongkok memberlakukan tarif miliaran dolar terhadap barang satu sama lain sejak tahun lalu. Hal ini menyebabkan terganggunya rantai pasok dan biaya tinggi bagi perusahaan.
 
Perwakilan Dagang AS Robert Lighthizer dan Menteri Keuangan Steven Mnuchin akan memulai pembicaraan dengan Wakil Perdana Menteri Tiongkok Liu He, setelah kedua belah pihak melaporkan progres kesepakatan yang berlangsung di Beijing.
 
Setelah pertemuan tersebut, ada kemungkinan Presiden AS Donald Trump akan menemui Presiden Tiongkok Xi Jinping untuk menandatangani perjanjian. Namun jika perundingan tidak juga berujung pada kesepakatan, beberapa analis memprediksi resesi global dapat terjadi.

 

(Des)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif