Ilustrasi. (FOTO: AFP)
Ilustrasi. (FOTO: AFP)

Harga Emas Dunia Meredup

Ekonomi harga emas
Ade Hapsari Lestarini • 09 Juli 2019 09:42
Chicago: Harga emas berjangka di divisi Comex New York Mercantile Exchange ditutup sedikit lebih rendah pada perdagangan Senin waktu setempat karena tertekan penguatan dolar AS.
 
Melansir Xinhua, Selasa, 9 Juli 2019, harga kontrak emas paling aktif untuk pengiriman Agustus turun USD0,10 atau 0,01 persen ke posisi USD1.400 per ons.
 
Sementaralogam mulia lainnya, perak, untuk pengiriman September naik 4,9 sen atau 0,33 persen menjadi USD15,05 per ons. Platinum untuk pengiriman Oktober naik USD9,00 atau 1,11 persen menjadi USD820,40 per ons.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Laporan pekerjaan AS yang lebih kuat dari perkiraan dirilis Jumat lalu mendukung penguatan dolar. Biro Statistik Tenaga Kerja AS mengatakan bahwa pengusaha AS menambahkan 224 ribu pekerjaan pada Juni, lebih tinggi dari yang diperkirakan oleh banyak ekonom sebesar 165 ribu.
 
Data pekerjaan ini optimistis menumpulkan harapan adanya penurunan suku bunga agresif oleh Federal Reserve dan pada gilirannya memperkuat dolar AS, kata analis pasar.
 
Indeks dolar AS, ukuran greenback terhadap sekeranjang mata uang utama lainnya, naik 0,07 persen menjadi 97,35 tak lama sebelum penutupan harga emas berjangka Senin.
 
Ketika dolar naik, emas berjangka akan jatuh karena emas, dihargai dalam dolar, menjadi lebih mahal bagi investor yang memegang mata uang lainnya.
 
Namun, downtrend benchmark saham New York menahan jatuhnya emas, karena Dow Jones Industrial Average, S&P 500 dan Nasdaq Composite Index menurun pada Senin.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif