Jaga Likuiditas, Perbankan Tiongkok Disuntik Dana via Operasi Pasar Terbuka

Ade Hapsari Lestarini 29 Mei 2018 14:38 WIB
ekonomi china
Jaga Likuiditas, Perbankan Tiongkok Disuntik Dana via Operasi Pasar Terbuka
Ilustrasi mata uang Tiongkok, yuan. (Foto: Antara/Agung Rajasa).
Beijing: Bank Sentral Tiongkok menyuntikkan dana ke sistem perbankan melalui operasi pasar terbuka untuk menjaga likuiditas.

Melansir Xinhua, Selasa, 29 Mei 20018, Bank Rakyat China (PBOC) menyuntikkan dana sebesar 20 miliar yuan (sekitar USD3,13 miliar) dari repo tujuh hari terbalik dan 10 miliar yuan dari reposisi ulang 28-hari, menurut pernyataan PBOC.

Repo reverse adalah proses di mana bank sentral membeli sekuritas dari bank komersial melalui penawaran, dengan perjanjian untuk menjualnya kembali di masa depan.

Suku bunga untuk repo tujuh hari mundur mencapai 2,55 persen, sementara tingkat untuk kontrak 28 hari adalah 2,85 persen.

Selain itu, PBOC baru-baru ini mengelola likuiditas pasar melalui langkah-langkah yang ditargetkan daripada penyesuaian suku bunga di seluruh bagian.

Bank sentral Tiongkok berencana untuk menjaga kebijakan moneter dengan hati-hati dan netral, menjaga tingkat likuiditas yang stabil dan wajar, dan mengawasi pertumbuhan moderat dari kredit keuangan dan pembiayaan sosial.

 



(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id