Ilustrasi. FOTO: AFP
Ilustrasi. FOTO: AFP

Harga Minyak Dunia Menyusut

Ekonomi minyak mentah
Angga Bratadharma • 12 November 2019 08:02
New York: Harga minyak dunia turun pada Senin waktu setempat (Selasa WIB), karena para pedagang menunggu lebih banyak petunjuk tentang perdagangan global. Tidak ditampik, ketidakpastian perdagangan masih terus terjadi terutama disebabkan oleh perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dengan Tiongkok.
 
Mengtuip Xinhua, Selasa, 12 November 2019, West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Desember turun USD0,38 menjadi USD56,86 per barel di New York Mercantile Exchange. Minyak mentah brent untuk pengiriman Januari turun USD0,33 menjadi USD62,18 per barel di London ICE Futures Exchange.
 
"Kerugian hari ini mengikuti kenaikan serupa pada Jumat, sehingga tidak ada pembicaraan tentang tren yang jelas di pasar minyak sekarang," kata Analis Energi Commerzbank Research Carsten Fritsch, mengatakan dalam sebuah catatan, seraya menambahkan berita utama masalah perdagangan kemungkinan akan mendikte arah di pasar minyak.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain itu, pelaku pasar tetap prihatin atas kelebihan pasokan. Organisasi Negara-Negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan sekutunya diperkirakan membahas apakah akan menerapkan pengurangan produksi yang lebih besar ketika mereka bertemu berikutnya pada awal Desember atau tidak.
 
Pada Juli, OPEC dan Rusia, bersama dengan anggota non-OPEC lainnya, sepakat untuk memperpanjang pengurangan produksi 1,2 juta barel per hari selama sembilan bulan, sebuah langkah yang dirancang untuk menjaga harga minyak dunia agar tidak jatuh.
 
Di sisi lain, bursa saham Amerika Serikat ditutup bervariasi pada Senin waktu setempat (Selasa WIB). Kondisi itu karena investor mencerna berita bahwa Boeing berharap untuk melanjutkan pengiriman 737 max jet segera, di tengah langkah investor yang dengan cermat melihat perkembangan baru Tiongkok-AS terkait pembicaraan perdagangan.
 
Indeks Dow Jones Industrial Average naik sebanyak 10,25 poin atau 0,04 persen menjadi 27.691,49. Sedangkan S&P 500 turun 6,07 poin atau 0,20 persen menjadi 3.087,01. Indeks Komposit Nasdaq turun 11,03 poin atau 0,13 persen menjadi 8.464,28.
 
Mayoritas dari 30 saham unggulan di Dow diperdagangkan lebih rendah dengan saham 3M dan Goldman Sachs masing-masing turun 1,76 persen dan 1,74 persen, dua penghambat teratas. Sebanyak delapan dari 11 sektor utama S&P 500 diperdagangkan lebih rendah dengan sektor Utilitas turun 0,68 persen, memimpin para pecundang.
 

(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif