Illustrasi. Dok : AFP.
Illustrasi. Dok : AFP.

Afrika Bisa Raup Berkah dari Damainya Perang Dagang

Ekonomi Perang dagang
Arif Wicaksono • 07 Juli 2019 15:52
Afrika: Perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok diprediksi bakal mereda seusai kedua pemimpin negeri superpower itu bertemu di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) negara-negara G20 di Osaka, Jepang, akhir pekan lalu.
 
Meredanya perang dagang itu ditandai oleh pernyataan Presiden AS, Donald Trump, Minggu, 30 Juni 2019, yang memuji pembicaraan perdagangan antara dirinya dengan Presiden Tiongkok Xi Jinping. Trump menyebut pembicaraan mereka kini jauh lebih baik daripada yang diharapkan. Trump pun berjanji untuk menunda penaikan tarif lebih lanjut saat negosiasi berlanjut.
 
Eric Mangunyi, peneliti dari Universitas Walter Sisulu di Afrika Selatan mengatakan bahwa dampak dari perang dagang memberikan efek buruk bagi Afrika. Dalam beberapa bulan terakhir IMF dan Bank Dunia menurunkan pertumbuhan ekonomi di benua afrika karena perang dagang. Sehingga akan lebih baik jika keduanya berdamai.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Protektionisme akan menciptakan ketidakstabilan. Beberapa negara akan kehilangan daya saingnya karena itu," kata dia dikutip dari Xinhua, Minggu, 7 Juli 2019.
 
Afrika akan mendapatkan dampak yang positif jika ada perbaikan dalam hubungan dagang. Perbaikan dari perdagangan dan investasi.
 
Pengamat ekonomi dari Kenya, Phillip Etyang mengatakan bahwa situasi terkini akan memberikan dampak baik bagi Kenya karena perdagangan global saling berhubungan satu sama lain. "Jika ada yang tak berjalan dalam perekonmian global maka Kenya akan merasakanya," ujar Etyang.
 
IMF memangkas proyeksi ekonomi Afrika menjadi 3,5 persen dari 3,8 persen pada tahun ini. Bank Dunia juga melakukan hal yang serupa dengan memangkas prediksi ekonomi Afrika ke 2,8 persen dari 3,3 persen pada tahun ini.
 
IMF juga menurunkan pertumbuhan global untuk 2019 menjadi 3,3 persen, turun 0,2 persen dari perkiraan Januari. Bank Dunia juga telah menyatakan keprihatinan khusus tentang perlambatan pertumbuhan perdagangan global ke level terendah sejak krisis keuangan 10 tahun lalu.
 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif