Menteri Keuangan Amerika Serikat Steven Mnuchin (AFP/ZACH GIBSON)
Menteri Keuangan Amerika Serikat Steven Mnuchin (AFP/ZACH GIBSON)

Minggu Depan AS-Tiongkok Lanjutkan Pembicaraan Perdagangan di Beijing

Ekonomi ekonomi amerika ekonomi china as-tiongkok Perang dagang
Angga Bratadharma • 07 Februari 2019 12:30
Washington: Menteri Keuangan Amerika Serikat (AS) Steven Mnuchin bersama dengan pejabat AS lainnya dijadwalkan melakukan perjalanan ke Beijing minggu depan untuk pembicaraan perdagangan. Kunjungan itu bertujuan guna mencapai kesepakatan dan mencegah kenaikan tarif AS untuk barang-barang Tiongkok pada 2 Maret 2019.
 
Mnuchin dalam sebuah wawancara mengatakan bahwa pembicaraan yang ia dan Perwakilan Dagang AS Robert Lighthizer pimpin di Washington pekan lalu dengan Wakil Perdana Menteri Tiongkok Liu He sangat produktif. Diharapkan kata sepakat di antara kedua negara terkait perdagangan bisa segera terjadi dan menghentikan perang dagang.
 
"Duta Besar Lighthizer dan saya serta tim besar sedang dalam perjalanan ke Beijing minggu depan. Kami berkomitmen untuk melanjutkan pembicaraan ini. Kami berupaya keras untuk mencapai batas waktu ini dan mendapatkan kesepakatan. Jadi itu lah tujuan kami," kata Mnuchin, seperti dikutip dari CNBC, Kamis, 7 Februari 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara itu, Presiden AS Donald Trump mengatakan dalam pidato kenegaraannya bahwa setiap kesepakatan perdagangan baru dengan Tiongkok harus mencakup perubahan struktural yang nyata untuk mengakhiri praktik perdagangan yang tidak adil, mengurangi defisit perdagangan kronis AS, dan melindungi pekerjaan Amerika Serikat.
 
Trump telah berjanji untuk meningkatkan tarif AS pada impor Tiongkok senilai USD200 miliar menjadi 25 persen dari 10 persen saat ini. Keputusan itu siap diambil Trump jika kedua belah pihak tidak dapat mencapai kesepakatan pada 2 Maret 2019 pukul 12:01 pagi (0501 GMT)
 
Departemen Perdagangan Amerika Serikat (AS) melaporkan defisit perdagangan barang AS dengan Tiongkok mencapai USD382 miliar selama 11 bulan pertama di 2018. Adapun angka itu melampaui defisit perdagangan sebesar USD375 miliar selama 2017. Sejauh ini, AS berharap defisit tersebut bisa ditekan sedemikian rupa.
 
Negosiator Trump menginginkan Beijing untuk lebih keras menegakkan hak kekayaan intelektual Amerika Serikat, menghentikan peretasan siber rahasia dagang, mengekang subsidi industri, dan mengakhiri kebijakan yang memaksa perusahaan-perusahaan AS untuk menyerahkan teknologi kepada pesaing Tiongkok sebagai harga melakukan bisnis di pasar Tiongkok yang luas.
 
"Kami juga sangat fokus pada perdagangan bebas dan adil bagi perusahaan-perusahaan AS untuk memiliki akses di sana dan untuk memiliki medan bermain yang lebih adil yang akan menurunkan defisit perdagangan," kata Mnuchin.

 

(ABD)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi