Ilustrasi. (FOTO: AFP)
Ilustrasi. (FOTO: AFP)

Tiongkok Kembali Suntik Likuiditas ke Pasar Uang

Ekonomi ekonomi china
Ade Hapsari Lestarini • 16 April 2019 12:38
Beijing: Bank sentral Tiongkok memulai kembali operasi pasar terbuka untuk menyuntikkan likuiditas ke pasar uang setelah penangguhan terjadi selama 18 hari perdagangan berturut-turut.
 
Melansir Xinhua, Selasa, 16 April 2019, Bank Rakyat Tiongkok (PBOC) melakukan repo terbalik tujuh hari senilai 40 miliar yuan (sekitar USD5,96 miliar) dengan tingkat bunga 2,55 persen. Tidak ada repo terbalik akan jatuh tempo pada Selasa.
 
Reverse repo adalah proses dimana bank sentral membeli surat berharga dari bank komersial melalui penawaran, dengan perjanjian untuk menjualnya kembali di masa depan.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


PBOC mengatakan bahwa kebijakan moneter Tiongkok tidak terlalu longgar atau terlalu ketat. Sementara likuiditas akan dijaga pada tingkat yang wajar dan luas, menurut sebuah pernyataan yang dikeluarkan setelah pertemuan triwulanan komite kebijakan moneter.
 
Di sisi lain lembaga-lembaga luar negeri terus membeli obligasi Tiongkok pada periode Maret, lapor data dari hanya satu-satunya penyimpanan resmi obligasi pemerintah Tiongkok.
 
MelansirXinhua, Senin, 8 April 2019, setoran obligasi luar negeri Tiongkok di China Central Depository & Clearing Co Ltd mencapai 1.51525 triliun yuan (USD225,5 miliar) pada akhir Maret. Jumlah ini naik 2,785 miliar yuan secara bulan ke bulan.
 
Kondisi ini menandai bulan keempat berturut-turut pembelian bersih obligasi Tiongkok oleh investor asing. Data resmi menunjukkan bahwa obligasi Tiongkok yang dipegang oleh investor internasional melonjak 46 persen tahun-ke-tahun pada akhir 2018.
 
Obligasi berdenominasi yuan Tiongkok mulai ditambahkan ke Bloomberg Barclays Global Aggregate Index pada Senin. Total 356 obligasi pemerintah dan bank kebijakan akan ditambahkan ke dalam indeks selama 20 bulan ke depan.

 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif