Dampak Jika Ekonomi Turki Bergejolak
Ilustrasi (OZAN KOSE/AFP )
Ankara: Analis sedang sibuk memperkirakan negara mana saja yang dapat terkena dampak akibat bergejolaknya keuangan dan perekonomian di Turki, termasuk apa artinya bagi investor internasional. Adapun Turki telah mengalami kesulitan ekonomi sejak awal tahun ini dengan mata uangnya telah kehilangan sekitar 33 persen dari nilainya, meski ada stimulus fiskal besar.

Mengutip CNBC, Sabtu, 11 Agustus 2018, selain itu kesulitan yang terjadi akibat pertumbuhan inflasi dan defisit akun berjalan yang besar dan kuat. Tidak ditampik intervensi dari Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan tentang keputusan kebijakan bank sentral juga mengejutkan para investor yang akhirnya membuat mata uang Turki harus jatuh.

Laporan media menunjukkan bahwa para pejabat di bank sentral Eropa atau European Central Bank (ECB) khawatir atas kondisi bank-bank Eropa selatan, yang telah meminjamkan sejumlah besar uang di Turki. Hal ini menunjukkan investor yang memegang sejumlah saham di bank-bank Eropa bisa berisiko. ECB menolak mengomentari laporan tersebut.

Data Bank for International Settlements (BIS) -sering disebut bank sentral dari bank-bank sentral- menunjukkan bank Spanyol berutang USD83,3 miliar oleh peminjam Turki, pemberi pinjaman Prancis USD38,4 miliar, dan bank-bank di Italia berutang USD17 miliar. Regulator di Eropa khawatir mata uang yang lemah menyebabkan gagal bayar dalam pinjaman luar negeri.



Saham UniCredit, BNP Paribas, dan BBVA jatuh sekitar tiga persen pada Jumat pagi waktu setempat, setelah dikutip sebagai bank-bank Eropa dengan paparan tertinggi ke Turki. Ini menyeret pasar yang lebih luas ke bawah dengan euro Eropa Stoxx 600 turun 0,7 persen pada pukul 9:00 pagi waktu London dan indeks perbankan turun 1,3 persen.

Carsten Hesse, seorang Ekonom Eropa di Berenberg, mengatakan dalam sebuah catatan penelitian bahwa beberapa bank zona euro berada di bawah tekanan. Kondisi itu karena paparan ekuitas langsung mereka ke bank-bank Turki atau partisipasi dalam pinjaman sindikasi -pinjaman yang ditawarkan oleh sekelompok pemberi pinjaman."

Ketika ditanya tentang dampak dari masalah yang sedang berlangsung di Turki, Timothy Ash, seorang ahli strategi pasar senior berkembang di Bluebay Asset Management, mengatakan bahwa kemungkinan besar perbankan tersebut mengalami eksposur atau objek yang rentan terhadap risiko dan berimbas pada kinerja perusahaan

 



(ABD)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id