Milliuner. Dok : AFP.
Milliuner. Dok : AFP.

Orang Super Kaya Bayar Pajak Lebih Sedikit

Ekonomi perpajakan ekonomi global
Arif Wicaksono • 21 Januari 2019 15:35
London: Orang yang super kaya dan perusahaan di dunia kerap mengambil keuntungan dari celah perpajakan dengan membayar pajak lebih rendah selama beberapa dekade.
 
Oxfam dalam keterangan tertulisnya dikutip dari Xinhua, Senin, 21 Januari 2019, menjelaskan bahwa jumlah miliuner meningkat semenjak krisis finansial dan pendapatanya tumbuh mencapai USD2,5 miliar per hari karena mereka membayar pajak lebih rendah selama beberapa dekade.
 
Di negara kaya, pajak pendapatan orang super kaya secara rata-rata jatuh dari 62 persen di 1970 ke 38 persen di 2013. Sementara di negara berkembang, pajak pendapatan orang kaya mencapai 28 persen.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bahkan berdasarkan data dari 20 organisasi amal di Inggris kekayaan global lebih terkonsentrasi dengan data bahwa 26 orang memiliki kekayaan yang setara dengan pendapatan 3,8 miliar orang miskin pada 2018.
 
Bahkan masih ada 3,4 miliar orang hidup kurang dari UD5,5 per hari berdasarkan laporan itu, dan tak berpendidikan yang mampu mengurangi kesenjangan dan kemiskinan.
 
Laporan itu juga fokus terhadap perbedaan gender yang menunjukkan bahwa pendapatan wanita kurang 23 persen dari pria dan pria memiliki kekayaan 50 persen lebih banyak dari kekayaan wanita secara global.
 
Kesimpulannya perpajakan yang lebih adil akan memberikan penurunan dramatis dari jurang diantara orang kaya dan miskin dan antara pria dan wanita.
 


 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif