Presiden AS Donald Trump. (Foto: AFP)
Presiden AS Donald Trump. (Foto: AFP)

Trump Calonkan David Malpass Jadi Presiden Bank Dunia

Ekonomi bank dunia donald trump
Nia Deviyana • 05 Februari 2019 19:00
Washington DC: Presiden Amerika Serikat Donald Trump menunjuk pejabat senior Departemen Keuangan David Malpass sebagai kandidat Presiden Bank Dunia.
 
Dilansir dari Politico, Selasa, 5 Februari 2019, dipilihnya Malpass menjadi sinyal bahwa Trump menginginkan Bank Dunia kembali dipimpin oleh warga AS.
 
Sebelumnya, mantan Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim yang mengundurkan diri per 1 Februari 2019 juga warga negara AS meski berdarah Korea Selatan. Trump kabarnya akan mengumumkan keputusan ini pada Rabu, 6 Februari waktu setempat.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pejabat administrasi senior AS mengatakan bahwa Trump sangat menyukai kinerja Malpass. "Malpass telah berpengalaman di Bank Dunia, melibatkan diri pada masalah-masalah Bank Dunia selama beberapa dekade. Dia juga sepaham dengan pandangan presiden," ujar pejabat tersebut.
 
Kendati demikian, Malpass perlu memenangkan persetujuan dari 12 dewan eksekutif Bank Dunia. Namun, hal itu tampaknya tidak sulit mengingat AS memiliki kendali yang besar dalam pemilihan Presiden Bank Dunia.
 
Malpass dikenal sebagai pejabat yang kerap melontarkan kritik. Pada 2017, ia menyebut Bank Dunia, Dana Moneter Internasional, dan lembaga multilateral lainnya harus tumbuh lebih besar dan memiliki pondasi yang kuat.
 
Ia juga mendorong Bank Dunia untuk menghentikan pemberian pinjaman kepada Tiongkok, yang menurut dia terlalu kaya untuk mendapatkan bantuan. Apalagi, Tiongkok merupakan pemegang saham terbesar ketiga di Bank Dunia setelah Jepang.
 

(Des)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif