NEWSTICKER
Konglomerat properti Li Ka-shing. Foto : AFP.
Konglomerat properti Li Ka-shing. Foto : AFP.

Saham Anjlok, Peringkat Konglomerat Hong Kong Tergeser

Ekonomi Virus Korona pasar saham
Nia Deviyana • 16 Februari 2020 19:40
Hong Kong: Konglomerat properti Li Ka-shing tidak lagi menjadi orang paling kaya di Hong Kong setelah 21 tahun memegang predikatnya sebagai miliuner nomor satu di kota tersebut. Nama Li Ka digeser Lee Shau-kee yang juga pengusaha real estate.
 
Melansir data Forbes 2020, Minggu, 16 Februari 2020, kekayaan pendiri Henderson Land Development itu tumbuh satu persen menjadi USD30,4 miliar. Dia berhasil menyalip Li Ka yang kekayaannya menyusut 7 persen menjadi USD29,4 miliar. Pendiri CK Hutchison Holdings ini mendapatkan pukulan akibat jatuhnya harga saham.
 
Dijuluki "Uncle Four" karena terlahir sebagai anak keempat di keluarganya, Lee membangun bisnis real estate yang mencakup properti, layanan feri, distribusi gas alam, dan bisnis lainnya dalam satu generasi.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Lee disamakan dengan miliarder AS Warren Buffett untuk investasi cerdiknya. Nilai aset Lee tumbuh meskipun ada hambatan termasuk perang dagang AS-Tiongkok dan protes anti-pemerintah selama berbulan-bulan yang merugikan belanja konsumen dan pariwisata di Hong Kong.
 
Peringkat ketiga dalam daftar miliarder Hong Kong Forbes untuk 2020 adalah Henry Cheng dan keluarganya, yang mengepalai grup properti New World Development dan Chow Tai Fook Jewellery Group. Kekayaan pria 73 tahun ini termasuk aset keluarga berada di nominal USD20,7 miliar.
 
Joseph Lau, pemilik Chinese Estates Holdings berada di peringkat keempat. Pria berusia 68 tahun ini memiliki kekayaan sebesar USD16,9 miliar.
 
Menurut Forbes, 22 dari 50 orang terkaya di Hong Kong mengalami penurunan kekayaan dari tahun sebelumnya. Namun, secara keseluruhan, nilai gabungan dari kekayaan 50 orang tersebut meningkat tujuh persen dalam setahun.
 
Miliarder properti mendominasi dari sepuluh besar. Satu-satunya nama yang berkecimpung di dunia teknologi adalah Joseph Tsai, yang merupakan salah satu pendiri Alibaba Group Holding, berada di peringkat kesembilan dengan kekayaan USD11,5 miliar.
 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif