Illustrasi. Dok;AFP.
Illustrasi. Dok;AFP.

Ekonomi Digital Tiongkok Ditaksir Capai Rp33.640 Triliun

Ekonomi tiongkok ekonomi digital ecommerce
24 Desember 2018 14:39
Beijing: Ekonomi digital Tiongkok semakin berkontribusi terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) negara itu. Data menunjukkan perkembangannya semakin meningkat dalam setengah tahun pertama di 2018.
 
Dikutip dari Xinhua, Senin, 24 Desember 2018, ekonomi digital Tiongkok diestimasi mencapai 16 triliun yuan atau setara dengan USD2,32 triliun (dalam kurs Rp14.500 mencapai Rp33.640 triliun) dalam periode Januari-Juni 2018. Angka itu berdasarkan data akademi informasi dan komunikasi teknologi Tiongkok (CAICT) yang berada di bawah kementerian industri dan teknologi Tiongkok.
 
CAICT mengatakan bahwa angka itu berkontribusi sekitar 38,2 persen dari PDB Tiongkok atau naik dari tahun lalu yang hanya mencapai 32,9 persen. Tiongkok telah menunjukkan perkembangan ekonomi digital yang berdampak kepada tumbuhnya e-commerce, mobile payment, serta inovasi teknologi dalam bisnis tradisional.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Namun demikian masih ada ruang yang lebar dalam perkembangan ekonomi digital Tiongkok seperti dalam sektor jasa, perkebunan, dan industri sekunder yang masih butuh ruang improvisasi serta jurang di antara wilayah yang berbeda. Ekonomi digital akan menjadi tren yang tidak bisa dihindari dan butuh langkah keras untuk menekan transformasi digital dalam semua industri dan rantai pasokan.
 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif