Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional (IMF) Christine Lagarde. (FOTO: AFP)
Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional (IMF) Christine Lagarde. (FOTO: AFP)

Lagarde: Perang Dagang AS-Tiongkok Tidak Timbulkan Resesi Global

Ekonomi imf as-tiongkok Perang dagang
06 Juni 2019 17:30
Washington: Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional (IMF) Christine Lagarde mengatakan bahwa IMF saat ini tidak melihat ancaman resesi global yang disebabkan oleh peningkatan perang dagang Tiongkok-AS.
 
Ia juga tidak melihat ada potensi resesi dari penerapan tarif AS terhadap produk dan kendaraan Meksiko. Demikian seperti dikutip dari Antara, Kamis, 6 Juni 2019.
 
Lagarde mengatakan kepada Reuters bahwa ancaman tarif semacam itu mampu melemahkan kepercayaan bisnis dan pasar, serta mampu memperlambat pertumbuhan saat ini, yang diperkirakan akan membaik tahun depan.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kita tidak melihat resesi," kata Lagarde ketika ditanya apakah ancaman tarif oleh Presiden AS Donald Trump mampu menjatuhkan ekonomi global ke dalam resesi.
 
"Pertumbuhan melambat, namun pertumbuhan tetap saja -3,3 persen pada akhir tahun ini, dan tentu saja ekonomi AS menguat. Pada saat ini kami tidak melihat adanya resesi," jelasnya.
 
Baca juga: Bos IMF Memperingatkan Peningkatan Kekhawatiran Perang Dagang
 
Lagarde sebelumnyamemperingatkan tentang kekhawatiran yang berkembang sebagai dampak dari ketegangan perdagangan.
 
Kekhawatiran tersebut secara tidak langsung telah berdampak pada pertumbuhan global, hingga penghapusan hambatan perdagangan. Hal tersebut dituangkannya dalam sebuah artikel berjudul "Bagaimana Membantu, Tidak Menghambat Pertumbuhan Global,", yang dipublikasikan dalam postingan blognya.
 
"Yang paling penting, ada kekhawatiran yang berkembang tentang dampak dari ketegangan perdagangan saat ini," kata Lagarde, seraya menambahkan bahwa tarif AS-Tiongkok yang paling baru berisiko semakin mengurangi investasi, produktivitas, dan pertumbuhan.

 
Pemerintahan Trump baru-baru ini juga mengancam akan memberlakukan semua impor terhadap Meksiko. Dia pun juga menyoroti hal ini.
 
Menyebut dampak negatif dari ketegangan perdagangan pada pertumbuhan global yang sedang "terluka", Lagarde mengatakan mereka harus menghindari menghilangkan hambatan perdagangan yang baru-baru ini diterapkan, serta menghindari hambatan lebih lanjut dalam bentuk apa pun.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif