Ilustrasi. FOTO: AFP
Ilustrasi. FOTO: AFP

Pernyataan Trump tentang Serangan Iran Picu Penguatan Wall Street

Ekonomi wall street
Angga Bratadharma • 09 Januari 2020 07:32
New York: Bursa saham Amerika Serikat (AS) berakhir lebih tinggi pada Rabu waktu setempat (Kamis WIB). Penguatan terjadi karena kekhawatiran pasar mulai berkurang setelah Presiden AS Donald Trump berkomentar mengenai serangan rudal Iran terhadap pangkalan Irak yang menampung pasukan AS.
 
Mengutip Xinhua, Kamis, 9 Januari 2020, indeks Dow Jones Industrial Average melonjak sebanyak 161,41 poin atau 0,56 persen menjadi 28.745,09. Sedangkan S&P 500 meningkat sebanyak 15,87 poin atau 0,49 persen menjadi 3.253,05. Indeks Komposit Nasdaq naik 60,66 poin atau 0,67 persen menjadi 9.129,24.
 
Sembilan dari 11 sektor utama S&P 500 ditutup lebih tinggi, dengan teknologi naik 1,03 persen. Energi turun 1,74 persen, kelompok dengan kinerja terburuk. Pasar ekuitas AS telah bergejolak karena para pedagang bergulat dengan kekhawatiran akan konflik yang lebih luas antara AS dengan Iran.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Trump mengatakan bahwa tidak ada orang Amerika atau Irak yang tewas dalam serangan rudal Iran terhadap pasukan AS di Irak. Dalam konteks ini, Trump bersumpah untuk menjatuhkan sanksi ekonomi yang kuat terhadap Iran.
 
Pentagon mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa Iran meluncurkan lebih dari selusin rudal balistik melawan militer AS dan pasukan koalisi di Irak, menyebabkan aksi jual tajam di bursa saham AS. Tidak ditampik, kondisi ini bakal terus memengaruhi pergerakan pasar saham termasuk harga minyak.
 
Sebelumnya, sebuah drone AS menyerang rombongan konvoi di Bandara Internasional Baghdad pada Jumat lalu. Serangan itu menewaskan Qassem Soleimani, Komandan Pasukan Quds dari Korps Pengawal Revolusi Islam Iran. Hal itu akhirnya memicu kemarahan dan ancaman membalas dari Teheran.
 

(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif