Kantor Pusat World Bank Group di Washington, D.C, Amerika Serikat. (Wikipedia Victorgrigas)
Kantor Pusat World Bank Group di Washington, D.C, Amerika Serikat. (Wikipedia Victorgrigas)

Bank Dunia Perkirakan Ekonomi Tiongkok Melambat di 2019

Ekonomi bank dunia ekonomi china tiongkok
Angga Bratadharma • 22 Desember 2018 13:02
New York: Bank Dunia memperkirakan pertumbuhan ekonomi Tiongkok melambat menjadi 6,2 persen pada 2019 dari perkiraan sebelumnya di 6,5 persen. Hal itu terjadi karena adanya hambatan yang meningkat seperti perselisihan perdagangan dengan Amerika Serikat yang sampai sekarang belum mencapai kata sepakat.
 
Pandangan Bank Dunia tentang pertumbuhan ekonomi Tiongkok di 2018, yang akan menjadi terlemah dalam 28 tahun, tetap tidak berubah dari prediksinya pada April. Kondisi ini sejalan dengan masih adanya sejumlah risiko yang menghambat ekonomi Tiongkok melesat lebih baik lagi di masa mendatang.
 
"Ke depan, tantangan kebijakan utama Tiongkok adalah mengelola risiko terkait perdagangan, sambil mempertahankan upaya untuk membatasi risiko keuangan," kata Bank Dunia, dalam penilaian terbarunya pada ekonomi Tiongkok, seperti dikutip dari CNBC, Sabtu, 22 Desember 2018.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Konsumsi akan tetap menjadi penggerak utama ekonomi Tiongkok, karena pertumbuhan kredit yang lebih lemah telah membebani investasi. Selain itu, ada potensi melambatnya permintaan global dan tarif AS yang lebih tinggi pada pengiriman barang Tiongkok, memberikan beban terhadap kinerja ekspor.
 
"Untuk merangsang ekonomi, kebijakan fiskal dapat fokus pada peningkatan konsumsi rumah tangga daripada infrastruktur publik," kata Bank Dunia, seraya menambahkan bahwa Tiongkok memiliki ruang untuk pajak bisnis yang lebih rendah.
 
Pemerintah Tiongkok telah berjanji untuk memotong pajak lebih agresif tahun depan, memacu perdebatan di kalangan ekonom Tiongkok tentang apakah Beijing harus memperluas rasio defisit fiskal di luar tiga persen pada tahun depan atau tidak.
 
Adapun Pemerintah Tiongkok dalam beberapa bulan terakhir meluncurkan serangkaian langkah kebijakan, termasuk pemotongan persyaratan cadangan bank untuk memacu pinjaman, pemotongan pajak, dan langkah-langkah untuk mempercepat pembangunan proyek infrastruktur.
 

 

(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif