Ilustrasi ASEAN. Foto : AFP.
Ilustrasi ASEAN. Foto : AFP.

Tantangan Bank Mandiri Tahun Depan Bersaing dengan Bank ASEAN

Ekonomi asean
Nia Deviyana • 09 Desember 2019 15:50
Jakarta: Pengamat Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Toto Pranoto menilai Bank Mandiri memiliki tantangan yang cukup besar pada 2020. Salah satunya terkait implementasi Qualified ASEAN Bank (QAB) yang mana Bank Mandiri menjadi salah satu yang mengajukan diri untuk melebarkan sayapnya di Asean.
 
"Kalau Indonesia sudah ratifikasi dan setuju dengan agreement ini, maka Bank di Indonesia terutama anggota Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) boleh punya cabang (full branch) di negara ASEAN lainnya. Sebaliknya secara resiprokal bank ASEAN lain seperti DBS, OCBC NISP, CIMB Niaga, Bangkok Bank dan lain-lain juga boleh buka cabang di Indonesia," ujar Toto saat dihubungi Medcom.id, Senin, 9 Desember 2019.
 
Apabila QAB diimplementasikan, lanjut Toto, pertanyaannya apakah bank mandiri beserta Himbara lainnya bisa cukup kompetitif menghadapi bank-bank swasta milik asing?
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Toto menjelaskan, selisih antara tingkat suku bunga lending dan borrowing, dari anggota Himbara memiliki range antara empat persen sampai tujuh persen. Sementra DBS, OCBC NISP, CIMB Niaga range antara satu persen hingga dua persen. Artinya bank dari luar jauh lebih efisien dibandingkan bank di Indonesia.
 
"Tantangannya bagaimana Mandiri bisa meningkatkan efisiensi tersebut. Juga bagaimana supaya Mandiri bisa meningkatkan fee based income atau pendapatan nonbunga," tuturnya.
 
Caranya, kata Toto, ke depan Bank Mandiri bisa lebih banyak menyalurkan pembiayaan di sektor digital seperti financial technology (fintek) dan e-commerce. "Sehingga pendapatan bank tidak terlalu bergantung dari spread bunga yang tinggi," pungkasnya.
 
Mengenai QAB, adalah bank-bank terbaik dari negara-negara Asean yang mendapat konsesi-konsesi dalam hal akses pasar dan perizinan cakupan operasional. QAB akan mendapat perlakuan sebagaimana bank lokal dalam hal cakupan operasionalnya.

 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif