Ilustrasi pialang di Wall Street. Foto: AFP.
Ilustrasi pialang di Wall Street. Foto: AFP.

Wall Street Menanjak Usai The Fed Pertahankan Suku Bunga

Ekonomi wall street
Ade Hapsari Lestarini • 12 Desember 2019 07:54
New York: Ekuitas AS tercatat lebih tinggi setelah Federal Reserve mempertahankan suku bunganya dan mengisyaratkan tidak ada niat untuk menaikkannya dalam waktu dekat.
 
Melansir Xinhua, Kamis, 12 Desember 2019, indeks Dow Jones Industrial Average ditutup naik 29,58 poin atau 0,11 persen menjadi 27.911,30. Indeks S&P 500 naik 9,11 poin atau 0,29 persen menjadi 3.141,63. Indeks Komposit Nasdaq naik 37,87 poin atau 0,44 persen ke posisi 8.654,05.
 
Delapan dari 11 sektor utama S&P 500 berakhir lebih tinggi. Sektor bahan dan teknologi naik 0,71 persen, memimpin penguatan. Semnetara sektor real estat turun 0,76 persen dan menjadi kelompok berkinerja terburuk.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Orang-orang menunggu untuk mengantisipasi apa yang akan dilakukan The Fed dan yang lebih penting, apa yang akan dikatakan Fed," tutur Peter Tuchman, seorang pedagang berpengalaman di lantai New York Bursa Efek, kepada Xinhua.
 
Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC), komite pembuat kebijakan Fed, memutuskan untuk mempertahankan kisaran target untuk tingkat dana federal pada 1,5 persen hingga 1,75 persen setelah menyimpulkan pertemuan kebijakan dua hari, sesuai dengan ekspektasi pasar.
 
"Informasi yang diterima sejak Komite Pasar Terbuka Federal bertemu pada Oktober menunjukkan bahwa pasar tenaga kerja tetap kuat dan bahwa kegiatan ekonomi telah meningkat pada tingkat yang moderat," kata The Fed dalam sebuah pernyataan.
 
The Fedakan terus memantau implikasi informasi yang masuk untuk prospek ekonomi karena menilai jalur kisaran target yang tepat untuk tingkat dana federal.
 
Bank sentral mengisyaratkan tidak ada keinginan segera untuk kenaikan suku bunga, sehingga menghilangkan ketakutan akan pengetatan kebijakan moneter di kalangan investor, menurut beberapa ahli.
 
"FOMC membiarkan suku bunga tidak berubah hari ini tanpa perbedaan pendapat. Plot dot tidak menunjukkan perubahan suku bunga tahun depan," kata Chris Low, kepala ekonom di FHN Financial, mengomentari pernyataan The Fed.
 
The Fed telah menurunkan suku bunga tiga kali sejak Juli, di tengah meningkatnya risiko dan ketidakpastian yang berasal dari ketegangan perdagangan, kelemahan dalam pertumbuhan global, dan tekanan inflasi yang diredam.
 

(AHL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif