Ilustrasi. Foto: AFP.
Ilustrasi. Foto: AFP.

Saham Asia Rontok

Ekonomi bursa saham asia
Nia Deviyana • 07 Februari 2020 11:29
Shanghai: Pasar di seluruh Asia jatuh pada Jumat pagi karena investor menunggu rilis data perdagangan Tiongkok di Januari 2020.
 
Melansir CNBC International, Jumat, 7 Februari 2020, indeks Nikkei 225 di Jepang turun 0,35 persen setelah mencetak keuntungan pada hari sebelumnya sebagai respons Tiongkok yang akan memangkas separuh tarif impor barang AS. Begitu juga dengan Topix yang turun 0,31 persen.
 
Di tempat lain, Kospi Korea Selatan turun 0,73 persen. Saham Australia mengikuti tren, dengan ASX 200 turun 0,43 persen. Indeks MSCI untuk saham Asia Pasifik kecuali Jepang turun 0,35 persen.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara itu indeks Hang Seng Hong Kong melemah 0,81 persen. Saham game berada di zona merah pada Jumat pagi di tengah penutupan sementara kasino di Makau karena wabah virus korona.
 
Melco International Development turun lebih dari tiga persen, dan Wynn Macau kehilangan sekitar dua persen. Galaxy Entertainment turun 1,64 persen.
 
Saham Tiongkok, seperti pasar Asia lainnya, sehari sebelumnya merekah menyusul keputusan Beijing yang memangkas separuh tarif impor barang-barang AS.
 
Investor akan mengawasi data ekspor dan impor Tiongkok untuk Januari yang akan dirilis pada hari ini.
 
Adapun ekspor dan impor dalam mata uang dolar untuk Desember 2019 tercatat di bawah harapan, dengan surplus perdagangan Tiongkok dengan AS sebesar USD23,18 miliar, turun dari USD24,6 miliar pada November.
 
AS dan Tiongkok menandatangani perjanjian perdagangan fase pertama pada Januari lalu, menjadi sinyal meredanya eskalasi perdagangan di antara dua ekonomi terbesar itu.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif