Ilustrasi (AFP PHOTO/GREG BAKER)
Ilustrasi (AFP PHOTO/GREG BAKER)

Defisit Perdagangan Jasa Tiongkok Turun di November

Ekonomi ekonomi china tiongkok
29 Desember 2018 13:01
Beijing: Administrasi Negara Valuta Asing (SAFE) Tiongkok mencatat defisit Tiongkok dalam perdagangan jasa luar negeri sedikit menyusut ke volume bulanan terendah pada November 2018. Defisit mencapai USD20 miliar pada bulan lalu atau turun dibandingkan dengan posisi USD20,6 miliar pada Oktober.
 
Mengutip Xinhua, Sabtu, 29 Desember 2018, penghasilan dari perdagangan jasa mencapai USD20 miliar bulan lalu, sementara pengeluaran mencapai USD40 miliar. Dalam 11 bulan pertama, defisit perdagangan jasa mencapai USD269 miliar, kata SAFE.
 
Berbeda dengan perdagangan barang, perdagangan jasa mengacu pada penjualan dan pengiriman produk tidak berwujud seperti transportasi, pariwisata, telekomunikasi, konstruksi, periklanan, komputasi dan akuntansi.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Adapun Tiongkok telah mengambil langkah-langkah untuk meningkatkan pengembangan perdagangan jasa, termasuk secara bertahap membuka sektor keuangan, pendidikan, budaya dan perawatan medis.
 
SAFE mulai menerbitkan data bulanan tentang perdagangan layanan pada Januari 2014 untuk meningkatkan transparansi statistik neraca pembayaran. Sejak awal 2015, SAFE juga memasukkan data bulanan tentang perdagangan barang dagangan dalam laporannya. Bulan lalu, Tiongkok melihat surplus USD50,5 miliar dalam perdagangan barang asing, kata SAFE.
 
Sebelumnya, Tiongkok tidak akan menggunakan stimulus yang kuat dalam kebijakan moneter tahun depan, meskipun akan mempertimbangkan pemotongan rasio cadangan sesuai kebutuhan untuk dialokasikan di bank komersial.
 
Ekonomi Tiongkok diperkirakan menghadapi tekanan ke bawah pada 2019, sementara laju pertumbuhan akan berangsur-angsur stabil, kata Penasehat Bank Sentral Tiongkok (PBoC) Sheng Songcheng. Untuk menangkal perlambatan tajam, Tiongkok telah meluncurkan serangkaian kebijakan tahun ini, termasuk empat kali pemotongan rasio persyaratan cadangan.
 

(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif