Petrobas Brasil Bisa Diprivatisasi

Ade Hapsari Lestarini 20 November 2018 16:17 WIB
brasil
Petrobas Brasil Bisa Diprivatisasi
Ilustrasi. (FOTO: AFP)
Rio De Janeiro: Presiden terpilih Brasil Jair Bolsonaro mengatakan bahwa raksasa minyak dan gas yang dikendalikan negara Petrobras, sebagian bisa diprivatisasi.

Melansir Xinhua, Selasa, 20 November 2018, kepada wartawan, Presiden Bolsonaro mengatakan rencana ini masih dalam pertimbangan. Selain itu rencana tersebut harus ditangani secara bertanggung jawab.

Petrobras, saat ini merupakan perusahaan campuran, yang terdaftar di Bursa Saham Sao Paulo. Tetapi perusahaan dan sebagian besar modalnya dikendalikan oleh Pemerintah Brasil.

Sebelumnya pada hari itu, tim Bolsonaro bernama Roberto Castello Branco ditunjuk sebagai CEO baru perusahaan. Presiden tidak membenarkan atau membantah bahwa CEO yang akan keluar Ivan Monteiro akan memimpin bank yang dikendalikan negara Banco do Brasil.

Seperti diketahui pada September lalu Bank Sentral Brasil, mengutip Indeks Kegiatan Ekonomi (IBC-Br), mencatat ekonomi Negeri Samba itu tumbuh 0,57 persen pada Juli dibandingkan Juni.

Data menunjukkan ekonomi terbesar di Amerika Selatan tersebut mencatat pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) dalam dua bulan berturut-berturut.

Menurut indikator, aktivitas ekonomi Brasil sedikit berfluktuasi pada awal tahun ini hingga tercatat turun 3,35 persen pada Mei. Penurunan itu terjadi ketika ada mogok pengemudi truk yang melumpuhkan negara itu selama sebelas hari.

PDB Brasil tumbuh sebesar satu persen pada 2017, mengakhiri dua tahun resesi yang parah. Angka-angka terbaru juga bertepatan dengan proyeksi pasar keuangan, yang memperkirakan pertumbuhan ekonomi sebesar 1,36 persen pada 2018 dan 2,5 persen pada 2019 di Brasil.



(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id